Sabtu 30 Jan 2016 08:32 WIB

Jokowi: Borobudur dan Prambanan Masih Memesona

Jokowi kunjungi Candi Borobudur
Foto: setkab.go.id
Jokowi kunjungi Candi Borobudur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sebagai  mahakarya budaya dunia, sebagai warisan pusaka dunia yang sudah mendapatkan pengakuan internasional sebagai sebuah situs warisan budaya, Candi Borobudur harus terus dilestarikan. Terlebih lagi sekarang menjadi destinasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Candi Borobudur.

"Borobudur dan Prambanan peninggalan budaya yang masih memesona. Ayo kita lestarikan & majukan -Jkw," katanya lewat akun twitter pribadinya @jokowi, Sabtu (30/1).

Berdasarkan data yang diterimanya tahun 2014, jumlah wisatawan macanegara yang mengunjungi Candi Borobudur berjumlah sekitar 250.000 orang dan wisatawan Nusantara sebanyak kurang lebih 2,2 juta.

Dengan kondisi itu, Presiden menilai potensi pasar Candi Borobudur  masih sangat terbuka, terutama untuk wisatawan yang berasal dari Malaysia, Taiwan, Singapura, Jepang, Amerika, Inggris, Hong Kong, Belanda, Jerman, Brunei,dan juga dari Cina.

“Untuk itu, saya minta pengembangan Borobudur ini harus betul-betul dipersiapkan dengan baik, terinterintegrasi antar kementerian, dengan provinsi, baik yang berkaitan dengan akses civilitas juga terintegrasi dengan kawasan wisata yang lain: Borobudur, Prambanan, ada Sangiran yang ini juga semuanya sudah warisan budaya,” katanya pada rapat terbatas tentang masalah percepatan pembangunan destinasi wisata nasional Borobudur, Jumat (29/1).

Presiden berharap agar dipersipkan fasilitas dan pelayanan yang berstandar internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement