Senin 25 Jan 2016 14:53 WIB

Menteri Koperasi dan UKM Dukung Program Sebar Sejuta Ikan

Menteri Koperasi dan UKM, AA Gede Ngurah Puspayoga (dua kanan)  menerima secara simbolis gerakan sejuta benih ikan yang diberikan oleh Ketua Panitia Aziz Indra (dua kiri) disaksikan Deputi IV bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim, Kemenko Bidang Maritim
Foto: Dok: Jurnalis Joran
Menteri Koperasi dan UKM, AA Gede Ngurah Puspayoga (dua kanan) menerima secara simbolis gerakan sejuta benih ikan yang diberikan oleh Ketua Panitia Aziz Indra (dua kiri) disaksikan Deputi IV bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim, Kemenko Bidang Maritim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga menyatakan dukungan atas program Sebar Sejuta Ikan yang dilakukan oleh komunitas Jurnalis Joran Indonesia.

Dalam sambutannya pada Lomba Mancing dan HUT-2 Jurnalis Joran kali ini, Puspayoga berharap aksi Sebar Sejuta Ikan dapat meningkatkan aksi program Kali Bersih di Jakarta.

Seperti keberhasilannya saat duduk di kursi Wali Kota Denpasar, Puspayoga  mencontohkan program yang sempat diusungnya. Kala itu, dia mengembangkan prorgam kali bersih (Prokasih).

"Dari kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan oleh Jurnalis Joran, seharusnya dapat semakin menggerakan program kali bersih yang ada di Jakarta. Nantinya, kegiatan memancing tak lagi hanya sekedar hobby, namun juga memberi dampak besar untuk lingkungan," kata Puspayoga di Pemancingan Puspita, Pondok Gede, Jakarta Timur, belum lama ini.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim Kementerian Kordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Safri Burhanuddin yang mewakili Menteri Rizal Ramli, menyampaikan harapannya kepada komunitas Jurnalis Joran Indonesia agar dapat ikut membantu melestarikan sekaligus kebijakan pemerintah terkait kemaritiman.

Safri mengungkapkan dengan adanya komunitas Jurnalis Joran Indonesia, pemerintah merasa terbantu untuk mensosialisasikan dan mengeksploitasi hasil laut dengan cara yang positif.

"Kelompok jurnalis mancing seperti Jurnalis Joran Indonesia diharapkan dapat membantu kelestarian laut dan mensosialisasikan suatu kebijakan pemerintah," ujar Safri.

Dia menambahkan, jika pemerintah ingin melestarikan perairan laut Indonesia, maka kelompok jurnalis mancing ini dapat mengkritisi setiap program pemerintah. Terlebi Jurnalis Joran menaungi wartawan dari berbagai macam media.

"Anggotanya yang sebagian besar adalah fotografer harusnya dapat ikut mempublikasikan kekayaan laut kepada masyarakat," kata Safri.

Dikatakan lagi oleh dia, grup mancing ini diharap dengan hanya mengeksplor hasil laut di Jakarta saja, tapi di seluruh perairan Indonesia.

Jurnalis Joran Indonesia merupakan komunitas yang mengumpulkan wartawan dari berbagai media, baik online, cetak ataupun elektronik. Pada ulang tahun keduanya ini, Jurnalis Joran Indonesia mendapat dukungan besar dari beberapa korporasi seperti Pertamina Gas, Bank BNI, Tower Bersama Group, PaninDai-Ichi Life, AXA Mandiri, Humpuss Intermoda Transportasi, Bank BJB, Bank BCA, Matahari Mall.com, Telkom Indonesia, Bank Mandiri, Sinarmas dan beberapa lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement