Kamis 21 Jan 2016 21:21 WIB

PMI Rilis Game Edukasi Kesiapsiagaan Bencana

Palang Merah Indonesia
Palang Merah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Palang Merah Indonesia meluncurkan 'game' edukasi tentang kesiapsigaan bencana yang aplikasi ini sudah bisa 'download' atau mengunduh di App Store maupun Google Store dengan keyword Sai Fah.

"Game ini kami namakan Saifah dan sudah diluncurkan tingkat nasional, kami di Kabupaten Sukabumi terus melakukan sosialisasi tentang aplikasi ini kepada warga dengan tujuan untuk memberitahukan bagaimana pencegahan hingga penanggulangan pascabencana," kata Humas PMI Kabupaten Sukabumi, Atep Maulana di Sukabumi, Kamis (21/1).

Menurutnya, aplikasi ini sangat cocok diunduh oleh warga apalagi Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah paling rawan bencana di Indonesia.

Game Saifah ini menggambarkan petualangan dan pembelanjaran menghadapi banjir dan bencana lainnya yang salah satunya untuk mengurangi resiko banjir dan menghidari sengatan listrik. Dan game lainnya dalam aplikasi tersebut yakni permainan Tanah dengan menampilkan tantangan dalam menghadapi siaga bencana gempa bumi dan tsunami.

Selain itu, game ini bisa dimaikan oleh segala umur bahkan lebih baik dikenalkan kepada anak usia dini, sehingga jika terjadi bencana alam mereka tidak panik dan mampu meminimalisasikan dampak bencana baik harta maupun nyawa.

Dan yang terpenting aplikasi game edukasi ini juga bisa menambah kreatifitas si pengguna dalam melakukan penanggulangan bencana.

"Tidak hanya terhibur, melalui game ini siapapun bisa mendapatkan pelajaran tentang siaga dan penanggulangan bencana. Dan dibandingkan sosialisasi kepada kelompok warga, dengan mengunduh game ini si pengguna akan cepat paham apa itu bencana," tambahnya.

Atep mengatakan aplikasi ini juga dibuat dengan teknologi yang cukup canggih karena dibuat atas kerjasama PMI dengan Palang Merah Amerika, UNESCO dan Global Disaster Preparedness Center (GDPC).

Bahkan permainan serupa juga tersedia di 140 negara dengan menggunakan aplikasi bahasa seperti Indonesia, Inggri, Perancis dan Tagalog.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement