Selasa 19 Jan 2016 03:40 WIB

Danone Aqua Luncurkan Kembali Zona Air di Taman Pintar

Rep: Yulianingsih/ Red: Winda Destiana Putri
Taman Pintar Yogyakarta
Foto: WisataYogya
Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Danone Aqua bekerjasama dengan wahana rekreasi edukasi Taman Pintar kembali meluncurkan zona edukasi di wahana rekreasi tersebut berupa Zona Air. Zona ini merupakan perbaikan dari zona sebelumnya yang sudah dibuat Danone 8 tahun lalu.

Zona air Aqua ini resmi dibuka oleh Asisten Sekda Kota Yogyakarta, Bidang Perekonomian dan Pembangunan Aman Yuriadijaya, Senin (18/1). Zona air Aqua ini dibangun di lantai 2 gedung Kotak Taman Pintar. Zona air terbaru ini mengambil ema untuk kehidupan lebih baik.

Vice President Marketing Danone Aqua, Marjorie Garrovillo mengatakan, sebagian besar orang belum menyadari bahwa tidak semua air sama, aman dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, pendidikan mengenai air terkadang tidak dianggap terlalu penting bahkan cenderung diabaikan.

"Karenanya kami menyadari pelestarian air tidak bisa dilakukan sendirian. Makanya pendidikan mengenai pentingnya melestarikan air dan cara menjaganya perlu ditanamkan sejak dini," katanya.

Taman Pintar sebagai wahana rekreasi edukasi memilki tempat strategis untuk melakukan pendidikan tentang pelestarian air tersebut. Hal itu yang mendasari kerja sama Danone Aqua dengan Taman Pintar untuk membangun Zona Air tersebut.

Zona ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mengajarkan tentang pentingnya melestarikan lingkungan hidup.

Zona ini dilengkapi tenang sejarah terbentuknya mata air, penyulingan air hingga siap menjadi air minum dan demonstrasi kebutuhan air dalam tubuh setiap hari. Zona ini dilengkapi alat-alat canggih dengan dukungan alat komunikasi yang memadai.

Sementara itu, Aman Yuriadijaya dalam kesempatan itu mengatakan, Taman Pintar merupakan realisasi harapan Ki Hajar Dewantara dalam menciptakan pendidikan yang menyenangkan. Hal ini diaplikasikan dalam pembangunan seluruh zona yang mengembangkan teknologi dengan konsep mendidik.

"Zona air sendiri memiliki konsep water museum. Di dalamnya terdapat berbagai wahana seperti mini teater 4 Dimensi guna mengajarkan perjalanan siklus air. Selain itu juga permainan Kalkulator Hidrasi yang mengajarkan fungsi air bagi kesehatan," katanya.

Selain itu kata dia, juga ada permainan //kinect// biopori yang erat dengan pelestarian lingkungan, serta sejumlah wahana lain yang mengeksplorasi berbagai jenis air. Melalui zona ini pihaknya berharap masyarakat khususnya siswa bisa belajar banyak tentang pentingnya melestarikan air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement