Senin 18 Jan 2016 13:50 WIB

Anak Sulungnya Meninggal Dunia, Menteri Susi 'Terpukul'

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masih dalam keadaan sangat berduka dan terus diberikan doa serta kalimat yang menguatkan oleh para tamu dalam menghadapi kematian putra sulungnya, Panji Hilmansyah di Amerika Serikat.

"Beliau (Susi Pudjiastuti) masih sangat bersedih," kata Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Adhyaksa Dault, seusai menemui Susi di rumah duka yang berada di rumah dinas Menteri Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Senin (18/1).

Menurut Adhyaksa yang juga merupakan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu, Susi masih kerap menangis dan hal tersebut dapat dimaklumi karena dirinya baru saja kehilangan putra pertamanya.

Namun saat ini, ujar Adhyaksa, Menteri Kelautan dan Perikanan sudah dalam keadaan lebih tenang dan ikhlas dalam menerima takdir Allah tersebut. Adhyaksa juga berdoa dan mengutarakan harapannya agar Susi Pudjiastuti terus diberi kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi peristiwa yang menyedihkan ini.

Selain Adhyaksa, sejumlah pejabat lainnya yang juga mengunjungi Susi antara lain adalah Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Sedangkan di sekitar rumah dinas Susi juga tampak karangan bunga yang menyampaikan rasa duka cita seperti dari Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Sementara sejumlah petinggi aparat TNI/Polri juga tampak memberikan karangan bunga turut berduka seperti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi.

Sebagaimana diwartakan, jenazah putra pertama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang bernama Panji Hilmansyah, setelah diterbangkan dari Amerika Serikat, bakal dimakamkan di Pangandaran, Jawa Barat, tempat asal almarhum.

Berdasarkan pernyataan dari keluarga, almarhum Hilman yang berusia 31 tahun itu berada di AS karena sedang melakukan sekolah instruktur pilot di negara bagian Florida. Hilman yang merupakan anak tertua dari Susi Pudjiastuti (kedua adiknya adalah Nadine Kaiser dan Alvy Xavier), meninggalkan satu orang putra yang bernama Armand (10 tahun).

Pada saat ini, jenazah Hilman masih dalam proses pemulangan dari Kota Naples, Florida, sedangkan pihak keluarga juga berkoordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri, khususnya KJRI Houston di AS.

Mengenai penyebab kematiannya, diduga karena gagal jantung. Pada awal Tahun Baru 2016, Hilman pernah mengeluhkan kondisinya yang sesak nafas, tetapi sebelumnya tidak ada riwayat penyakit jantung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement