Jumat 15 Jan 2016 14:00 WIB

Indonesia Banjir Tawaran Bantuan Luar Negeri

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Angga Indrawan
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.
Foto: Antara/Andika Wahyu
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai kepala negara dan kepala pemerintahan dunia menyampaikan simpati dan tanggapan positif terkait serangan penembakan dan bom bunuh diri di Jakarta, Indonesia, Kamis (14/1). 

"Kemarin dari Malaysia, sebentar lagi Perdana Menteri Australia, kemudian Raja Arab Saudi dan Kanselir Jerman juga akan menelepon," kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi, Jumat (15/1).

Selain kepala negara, para menteri luar negeri menyampaikan simpatinya melalui teks tertulis ataupun lainnya telah diterima kementerian. "Terakhir saya berkomunikasi dengan Perdana Menteri Kanada dan kemarin juga dengan Singapura," lanjut Retno.

Tanggapan internasional terhadap insiden di Sarinah, Jakarta, penuh dengan belasungkawa dan simpati kepada Pemerintah Indonesia. Mereka juga mengapresiasi respons cepat yang dilakukan aparat keamanan Indonesia dalam menanggulangi serangan kemarin.

 

"Dalam tiga jam, semuanya sudah terkendali dan dapat mencegah kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi," katanya.

Dunia internasional juga bersedia memberikan bantuan yang diperlukan Indonesia. Namun, menurut Retno, Pemerintah Indonesia sejauh ini masih dapat menanggulanginya sendiri. "Jika diperlukan, mereka siap untuk terus melakukan kerja sama dengan Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Dua Pelaku Bom Sarinah Diketahui Residivis 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement