Kamis 14 Jan 2016 18:11 WIB

Pedagang Pasar Gedebage Desak Penataan PKL

Rep: c26/ Red: Friska Yolanda
Petugas Satpol PP dibantu Petugas Dinas Kebersihan membngkar lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (30/11).  (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas Satpol PP dibantu Petugas Dinas Kebersihan membngkar lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (30/11). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Para pedagang di Pasar Induk Gedebage, Kota Bandung, meminta PD Pasar Bermartabat Kota Bandung untuk menata keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang meresahkan. Pasalnya, keberadaan PKL di sekitar pasar membuat pendapatan berkurang drastis.

Sekertaris Warga Paguyuban Pedagang Pasar Gedebage, Nurodi mengatakan, pedagang resmi harus membayar kios yang telah ditempati. Namun dengan keberadaan PKL, penghasilan mereka berkurang, padahal tanggung jawab harus melunasi angsuran kios.

"Kalau masih banyak PKL dijalan kan omzetnya tidak mungkin mencukupi untuk bayar kios, karena itu kita minta ketegasan PD Pasar perihal penataan ini," kata Nurodi usai bertemu dengan pihak PD Pasar Bermartabat, di Kota Bandung, Kamis (14/1).

Menurutnya, penataan ini bukan berarti pengusiran. Melainkan, menempatkan PKL di tempat-tempat lain yang tidak merugikan pedagang resmi. Pedagang ingin mendapatkan hak maksimalnya setelah membayar kewajiban retribusi, sementara PKL tidak perlu membayar mendapat untung yang lebih besar.

Ia menyebutkan, PD Pasar pernah menjanjikan penataan ini empat bulan lalu. Namun, penataan ini tak kunjung dilakukan hingga membuat pedagang gerah dan datang menagih janji.

"Itu sebelumnya dijanjikan empat bulan yang lalu setelah kebakaran, tapi belum terjadi. Makanya kita datang ke PD Pasar bukan demo tapi menagih janji," ujarnya.

Bersama 20 orang pedagang lainnya, Nurodi diterima oleh pimpinan PD Pasar di kantornya. Mereka menyampaikan secara langsung aspirasi dan keinginan para pedagang Pasar Gedebage.

Direktur Utama PD Pasar Rinal Siswadi mengaku program penataan ini memang tengah dalam pembahasan. Rencananya akan segera dilakukan penataan PKL sesuai aspirasi para pedagang Pasar Gedebage. 

"Mereka itu menyampaikan dukungan kepada PD Pasar untuk melakukan penataan pedagang di Pasar Gedebage. Program yang memang sudah kita bahas," kata Rinal saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan akan menerjunkan petugasnya untuk mendata PKL yang berjualan. Setelah itu akan dibuat tim gabungan untuk menyelesaikan.

Data sebelumnya, ada 200 PKL di Pasar Gedebage, tapi akan didata ulang. Rencananya, PKL bisa direlokasi ke los-los eceran milik PD Pasar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement