Kamis 14 Jan 2016 13:29 WIB

Pusat Perbelanjaan Perketat Pengamanan

Rep: c30/ Red: Damanhuri Zuhri
salah satu pusat perbelanjaan (ilustrasi)
Foto: Antara/Rony Muharrman
salah satu pusat perbelanjaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah tempat perbelanjaan di Jakarta menjadi sasaran bom dan tembakan tak bertuan. Hal ini membuat pusat perbelanjaan seperti mall di sejumlah tempat lain memperketat penjagaannya.

Seperti halnya di Lotte Kuningan City, Casablanca, Jakarta Selatan, Kamis (14/1) memperketat penjagaannya. Hampir disetiap pintu masuk gerbang, tiga orang petugas keamanan dikerahkan.

Selain itu, berdasarkan pantauan Republika,  dua orang petugas keamanan juga terus berkeliling mall Kemudian, lapisan pengamanan juga di lakukan di dalam mall, tepatnya di pintu masuk.

"Iya mba, pas dengar di Sarinah ada tembakan-tembakan, kita langsung lakukan pencegahan dengan memperketat pengamanan," ujar Luthfi, satpam yang bertugas di depan pintu masuk area mobil ini.

Adapun bentuk pencegahan tersebut, seluruh area gerbang dijaga oleh dua sampai tiga satpam. Mereka membawa tongkat cermin untuk melihat bagian bawah mobil apabila ditemukan benda mencurigakan.

Selain itu, ada juga alat sensor untuk pendeteksi bom. "Area pintu masuk juga hanya satu di pintu masuk Get 1," ujar Luthfi lagi.

Hal ini dilakukan sebagai pengamanan siaga satu. Artinya, pengamanan berlapis yang dilakukan di seluruh area.

Saat ditanya apakah mendengar tentang suara ledakan tersebut, Lutfhi mengaku tidak mendengar apapun. Hanya dapat kabar ledakan sehingga pengamanan ditingkatkan sebagai antisipasi.

Selain Lotte Kuningan ini, ternyata gedung-gedung lain juga semakin memperketat pengamanannya. Misalnya hotel Manhattan yang juga menaruh tiga orang satpam di depan pintu gerbang. Selain itu, posisi mereka juga siap siaga dengan terus berkomunikasi melalui HT yang dibawanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement