Rabu 13 Jan 2016 14:50 WIB

Sepi Penumpang, Garuda Batalkan Penerbangan Jember-Surabaya

Garuda Indonesia
Foto: Izmar Patrizki/Antara
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Maskapai PT Garuda Indonesia membatalkan penerbangan rute Jember-Surabaya dan sebaliknya pada Rabu (13/1) karena memasuki musim sepi penumpang pada Januari 2016.

"Hari ini memang penerbangan dibatalkan karena alasan operasional yakni penumpangnya tidak lagi ramai," kata General Manajer PT Garuda Indonesia Tbk Area Jember, Syamsul Adnan, di Jember.

Menurutnya, pembatalan jadwal penerbangan tidak hanya pada Rabu ini. Pada 17 Januari 2016 rencananya juga tidak ada penerbangan karena Januari memasuki musim sepi penumpang.

"Pihak maskapai sudah jauh-jauh hari mengumumkan kepada penumpang terkait dengan rencana pembatalan penerbangan tersebut, sehingga penumpang yang berencana naik Garuda pada saat itu bisa menunda keberangkatannya atau menggunakan moda lain," paparnya.

Ia menjelaskan penerbangan yang dibatalkan Garuda Indonesia hanya rute Surabaya-Jember, sedangkan rute Surabaya-Banyuwangi masih tetap beroperasi karena peminatnya cukup banyak.

"Permintaan rute Surabaya-Jember rendah, sehingga pihak maskapai memutuskan untuk membatalkan penerbangan dengan alasan operasional," ucap pria yang akrab disapa Adnan itu.

Ia enggan menjelaskan secara detail berapa jumlah penumpang yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia selama beberapa hari terakhir. Ia mengatakan jumlahnya cukup rendah dibandingkan pada hari-hari normal sebelumnya.

Dengan batalnya penerbangan Garuda di Bandara Notohadinegoro, maka tidak ada aktivitas penerbangan di bandara Jember tersebut karena Garuda merupakan satu-satunya maskapai yang beroperasi di bandara setempat. Sedangkan Susi Air rute Sumenep-Jember juga sudah tidak beroperasi sejak 1 Januari 2016.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement