Selasa 12 Jan 2016 14:48 WIB

Empat Kecamatan Tangerang Belum Tersentuh Layanan Air Bersih

Rep: c36/ Red: Ani Nursalikah
Warga mengisi jeriken dengan air bersih.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Warga mengisi jeriken dengan air bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak empat kecamatan di Kota Tangerang belum mendapatkan layanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat. Hingga awal 2016, hanya sembilan kecamatan yang telah terlayani pasokan air bersih dari PDAM Tirta Benteng, Kota Tangerang.

Direktur PDAM Tirta Benteng, Suyanto, mengatakan empat kecamatan yang belum terlayani, yakni Kecamatan Cipondoh, Kecamatan Benda, Kecamatan Neglasari dan Kecamatan Batu Ceper. Keempatnya dipastikan akan mendapat pelayanan air bersih pertengahan tahun ini.

"Keempat kecamatan berada di zona satu pelayanan. Enam bulan ke depan, kami akan segera salurkan air kepada empat wilayah tersebut," jelas Suyanto kepada Republika.co.id di Tangerang, Selasa (12/1).

PDAM Tirta Benteng juga belum mampu menyalurkan layanan air bersih secara menyeluruh kepada sembilan kecamatan lain. Indikasinya, lanjut Suyanto, dilihat dari belum semua kelurahan terjangkau pelayanan air bersih dari PDAM Tirta Benteng.

Karenanya, masyarakat Kota Tangerang hingga saat ini banyak yang masih memanfaatkan pompa air, pompa satelit atau berlangganan air bersih dari PDAM Tirta Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang.

"Kami baru melayani sekitar delapan persen dari seluruh warga Kota Tangerang. Ada 27 ribu pelanggan kami saat ini, " ujar Suyanto.

Sebagai perbandingan, PDAM Tirta Kerta Raharja kini memiliki 90 ribu pelanggan baik dari wilayah Kabupaten Tangerang maupun Kota Tangerang. Sebagian wilayah Kota Tangerang yang memanfaatkan layanan PDAM Tirta Kerta Raharja adalah Kecamatan Jatiuwung dan Kecamatan Cibodas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement