Senin 11 Jan 2016 14:40 WIB

JK: Tenaga Kerja Asing Bantu Ciptakan Lapangan Kerja

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Karta Raharja Ucu
Jusuf Kalla
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, masuknya tenaga asing ke Indonesia bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan. Karenanya, JK yakin masuknya tenaga kerja asing ke Tanah Air tidak akan merebut lapangan kerja masyarakat Indonesia.

"Izin tenaga asing bukanlah mengambil porsi tenaga Indonesia, tapi tenaga asing masuk tentu menciptakan pekerjaan di dalam negeri, bukan mengambil porsi tenaga Indonesia. Karena itu harus ada rasionya," kata JK di gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Senin (11/1).

JK mengatakan, keberadaan tenaga kerja asing justru mendorong investasi masuk ke tanah air. Sehingga dapat meningkatkan lapangan kerja.

"Jadi tenaga kerja asing datang setelah ada investasi, bukan sebaliknya. Setelah ada investasi asing maka secara otomatis ada pekerja asingnya baik untuk teknologinya, baik modalnya. Sehingga itu akan meningkatkan lapangan kerja baru," kata JK.

Ia mencontohkan, rasio satu pekerja asing dapat memberikan lapangan kerja kepada 100 tenaga kerja dalam negeri dalam industri padat modal. "Tapi untuk labor intensif kadang-kadang satu pekerja asing bisa 1.000 lapangan kerja Indonesia," ucap pria berusia 73 tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement