Jumat 08 Jan 2016 16:59 WIB

Umat Muslim Diminta Berkaca pada Kebangkitan Turki

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Andi Nur Aminah
Salim Segaf Al-Jufri
Foto: Republika/Musiron
Salim Segaf Al-Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufrie mengatakan, umat Muslim Indonesia harus berkaca pada kebangkitan Turki yang saat ini menjadi representasi kekuatan dunia Islam dalam memperjuangkan kepentingan umat. "Miliaran kaum Muslimin di dunia saat ini mendoakan mengharapkan Turki. Mengapa? karena Turki menjadi kekuatan umat Islam untuk memperjuangkan nasib jutaan saudara kita seperti di Suriah, Palestina," ujar Salim, Jumat, (8/1).

Salim mengatakan hampir 11 juta warga Suriah keluar negaranya mencari perlindungan dengan menjadi pengungsi. Mereka berjalan menuju negara-negara Eropa Timur.

Namun, mantan  Menteri Sosial ini mengatakan banyak pengungsi yang  mengalami penghinaan dan kekerasan ketika tiba di negara tujuan. Sementara Turki tampil menjadi salah satu negara 'penyelamat' dengan membuka wilayahnya untuk menerima dan menampung jutaan pengungsi dari Suriah dan Palestina.

"Seharusnya kita umat Muslim terbesar dunia yang memgambil peran itu, memperjuangkan saudara-saudara kita. Kalau alasan masalah dalam negeri, rupiah lemah, dolar menguat, dan sebagainya, semua negara juga memiliki masalah dalam negeri masing-masing," kata Salim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement