Rabu 06 Jan 2016 22:49 WIB

BPKP: Akuntabilitas Kinerja PAN-RB Alami Penurunan

Rep: c25/ Red: Taufik Rachman
Gedung BPKP
Foto: matanews
Gedung BPKP

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tindakan Yuddy Chrisnandi mengumumkan rapor penilaian kementerian  menjadi topik hangat. Sayang, hal itu turut menutupi fakta kalau kinerja KemenPAN-RB mengalami penurun ddibandingkan tahun lalu.

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Ardan Adi Perdana, menegaskan BPKP sudah melakukan tugas sesuai ketentuan, untuk melakukan evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja Kementerian PAN-RB. Menurutnya, evaluasi telah dilakukan secara independen, tanpa ada intervensi dari pihak manapun terhadap hasil evaluasi.

"Hasilnya, nilai akuntabilitas kinerja Kementerian PAN-RB pada tahun 2015 mengalami penurunan, dari 77,35 tahun 2014 menjadi 77,00," kata Ardan.

Dengan skor itu, Kementerian PAN-RB mendapat nilai BB bersama 20 kementerian atau lembaga lain, yang pada evaluasi tahun-tahun lalu memang belum diberlakukan. Ia mengungkapkan kalau pada evaluasi yang dilakukan tahun 2014 lalu, Kementerian PAN-RB mendapat skor 77,35, yang berarti berhasil meraih nilai A.

Ardan mengatakan pelaksanaan evaluasi tersebut telah mengacu kepada pedoman dan standar yang berlaku, dalam mengevaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah lain. Menurut Ardan, tahun ini ada empat kementerian atau lembaga yang mendapat nilai A, sedangkan 21 lain mendapatkan nilai BB, termasuk Kementerian PAN-RB.

Sebelumnya, Menteri Yuddy Chrisnandi telah mengumumkan rapor penilaian kementerian atau lembaga pemerintah kepada publik. Dalam rapor itu, Kementerian PAN-RB mendapatkan skor 77,00 dan nilai BB, serta menempati posisi keenam dari kementerian atau lembaga yang masuk ke jajaran 10 teratas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement