Rabu 06 Jan 2016 10:51 WIB

Alumni ITB Diminta Lebih Berperan untuk Negeri

Red: M Akbar
Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB)
Foto: www.lppm.itb.ac.id
Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) diminta untuk lebih berperan aktif dan berkontribusi secara nyata untuk negeri. Untuk itu perlu ada beberapa pembenahan terhadap organisasi ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Riza Falepi, salah satu kandidat IA ITB. Pria yang juga menjabat sebagai wali kota Payakumbuh ini berharap para alumni ITB dapat memberikan perannya sebagai garda depan bagi pembangunan bangsa.

"Saya terpanggll maju karena saat ini banyak alumni ITB yang tidak berani berteriak lantang melihat banyak masalah di negeri ini," katanya di Jakarta, Rabu (6/1).

Lulusan S-1 Teknik Elektro (1989) dan Magister Tekno Ekonomi ITB ini, memberikan diri maju ke bursa pemilihan Ketua Umum IA ITB  karena banyak mendapat masukan dan dukungan  dari para seniornya. ''Saat ini ada anggapan ITB seolah telah kehilangan rohnya sebagai garda depan bagi pembangunan bangsa,'' katanya.

Riza menginginkan IA ITB bisa menjadi organisasi modern dan rumah bersama buat para alumni ITB dalam berkarya, berkontribusi, dan memimpin bangsa di seluruh daerah dan berbagai bidang profesi dan lembaga.

Selain itu, ia juga ingin melakukan beberapa pembenahan seperti penataaan data alumni yang memberikan gambaran dan informasi terkini dari anggota, pembenahan tata kelola IA ITB, menjadi organisasi mandiri dari dan untuk

alumni. ''Penataaan masing masing bidang yang berfokus pada menumbuh tebarkan potensi alumni.''

Lebih lanjut Riza juga berusaha menumbuhkan kepercayaan alumni dengan menyelenggarakan pertemuan yang bertujuan mempererat persaudaraan. Selain itu akan dilakukannya juga sejumlah kuliah terbuka dan pemagangan, menumbuhkan jejaring alumni untuk menarik setiap aspirasi dan potensi alumni.

Ia yakin melalui pelatihan dan bimbingan karier profesi dan wirausaha bisa menjadi salah satu cara untuk berperan aktif untuk negeri. Ia juga akan berusaha untuk menebarkan potensi dan kompetensi alumni ke seluruh sendi bangsa.

''Promosi pemikiran alumni serta karier politik dan pemerintahan. Selain itu, menebarkan alumni keseluruh negeri, yang secara mandiri menata, mendorong kemitraan antaralumni, almamater, dunia bisnis dan pemerintah," tuturnya.

Pemilihan ketua umum IA ITB periode 2016-2020 yang akan berlangsung 23 Januari 2016, di Bandung. Rencana, pemilihan dilakukan dengan cara datang langsung ke puluhan Tempat Pemungutan Suara yang dipusatkan di Bandung serta melalui elektronik voting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement