Selasa 05 Jan 2016 20:13 WIB

Menpan Umumkan Rapor Kementerian, NasDem: Nuansa politiknya Kental

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR Jhonny G Plate.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR Jhonny G Plate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem, Jhonny G Plate menilai langkah Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi, dengan mengumumkan rapor akuntabilitas kinerja kementerian kental dengan nuansa politik.

Jhonny mengatakan, pengumuman itu pun tidak selayaknya dilakukan Yuddy. Menurutnya, evaluasi Menpan-RB itu seharusnya cukup untuk menjadi masukan kepada Presiden untuk mengambil keputusan.

Tidak hanya itu, sebagai Kementerian yang melakukan penilaian kinerja kementerian lainnya, maka Menpan-RB baru dianggap berhasil bila nilai Kementeriannya di atas 90.

''Nuansa politiknya sangat kental. Sebagai kementerian penilai kinerja kementerian lainnya, maka Menpan-RB baru bisa dianggap berhasil bila nilainya di atas 90 bukan di bawah 80 sebagaimana yang disampaikan,'' katanya kepada Republika.co.id, Selasa (5/1).

Sebelumnya, Kementerian PAN-RB telah melalukan evaluasi terhadap 86 Kementerian/Lembaga. Hasilnya, Kementerian Keuangan berada di peringkat pertama dengan nilai 83,59 dan predikat A (bagus).

Sedangkan di tingkat terendah adalah Kejaksaan Agung dengan nilai 50,02 dan predikat CC (buruk). Sementara Kemenpan-RB sendiri berada di peringkat keenam dengan nilai 76,13 dengan predikat BB.

Tidak hanya itu, Jhonny juga menilai, evaluasi Menpan-RB harusnya hanya terkait dengan proses dan pelaporan administrasi, tidak menyangkut kinerja pencapaian operasional.

''Menpan tidak punya aparat dan kemampuan teknis dalam menilai kinerja pencapaian operasional Kementerian dan Lembaga, hanya terbatas pada pelaporan administratif,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement