Senin 04 Jan 2016 21:28 WIB

Ini Tiga Target Suryadharma Ali yang Belum Tercapai

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ilham
Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (23/12).  (Antara/Rosa Panggabean)
Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (23/12). (Antara/Rosa Panggabean)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA) memaparkan beberapa target yang belum dicapainya saat menjabat sebagai Menag di era Presiden SBY. Target pertamanya adalah pembangunan pemondokan di Kota Makkah untuk jamaah haji Indonesia.

"Untuk pembangunan pemondokan jemaah haji tersebut tidak diperlukan satu rupiah pun dari dana APBN," kata Suryadharma, saat membacakan nota pembelaan di Gedung Tipikor, Senin (4/1).

Target selanjutnya adalah pembelian pesawat A380 yang dikhususkan untuk mengangkut calon jemaah haji kelas ekonomi asal Indonesia. Pesawat tersebut menurutnya bisa mengangkut hingga 800an calon jamaah haji. (Suryadharma Ali Paparkan Kesuksesannya di Kementerian Agama).

Tak hanya itu, pesawat tersebut juga bisa menghemat biaya para jamaah haji karena bisa memperpendek durasi jamaah haji berada di Arab Saudi. Pelaksanaan ibadah haji yang biasanya berlangsung selama 41 hari, bisa dipersingkat menjadi 30 hari dengan pesawat itu.

"Hanya saja kendala berada di bandara. Bandara-bandara di Indonesia masih terlalu kecil sehingga tidak sesuai dengan lebar sayap pesawat," kata Suryadharma.

Target selanjutnya adalah pembangunan 150 masjid pertahun dengan menggunakan dana abadi umat. "Lebih tepatnya menggunakan dana bagi hasilnya dari dana abadi umat tersebut," kata Suryadharma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement