Senin 04 Jan 2016 15:42 WIB

Ini Dia Pelaku yang Suka Curi Barang Penumpang di Bagasi Pesawat

Rep: C21/ Red: Teguh Firmansyah
Pencuri
Pencuri

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Pelaku pencurian di Bandara Soekarno Hatta dengan modus bobol tas merusak resleting ditangkap polisi. Para pelaku membuka tas/bagasi dan mengambil barang-barang milik penumpang pesawat di kompartemen atau lambung pesawat.

"Mereka yang tertangkap adalah S (22), M (29), A (28) dan H (29)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Mohammad Iqbal, Senin (4/1).

Iqbal mengatakan dua orang petugas keamanan dan satu porter salah satu maskapai penerbangan diketahui telah melakukan pencurian bobol tas penumpang dengan kerja sama. Caranya adalah merusak retsleting tas/koper dan mengambil barang-barang dari para penumpang.

Kemudian untuk tersangka S telah melakukan aksinya selama satu tahun. Dalam waktu satu tahun pelaku mengakui telah melakukan pencurian dengan modus dedel tas sebanyak lebih 13 kali.

"Pelaku mengakui pada saat handle pesawat Batik Air Tanggal 16 Desember 2015 mengambil HP Blackberry Curve warna putih dari dalam tas/bagasi penumpang yang ada di dalam kompartemen pesawat (lambung bagasi), dengan cara membuka paksa retsleting tas dan mengambil barang mereka," kata dia.

Dari tangan tersangka di sita delapan buah telepin genggam dengan uang tunai Rp 200 ribu. Para pelaku diduga melanggar tindak pidana pencurian dengan pencurian dan pemberatan sesuai Pasal 363 KUHP. Untuk ancaman maksimal selama tujuh tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement