Ahad 03 Jan 2016 15:49 WIB

Kakorlantas: Macet saat Libur Natal Akibat Perbaikan Jalan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Bayu Hermawan
Kakor Lantas Polri Irjen Condro Kirono meninjau ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (11/7).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Kakor Lantas Polri Irjen Condro Kirono meninjau ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (11/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kepala Koordinator Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Kakorlantas Polri) Irjen Pol Condro Kirono, memastikan arus lalu lintas pada akhir masa liburan akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016 relatif lancar.

''Saya tadi melakukan pantauan di beberapa titik wilayah Jawa Tengah. Saya lihat arus lalu linyas pada hari ini masih relatif lancar,'' katanya di stasiun Purwokerto, Ahad (3/1).

Demikian juga, kepadatan penumpang KA relatif dapat teratasi. Dia mengaku, selain memantau lalu lintas jalan raya, juga memantau kepadatan penumpang KA. Untuk itu, dia melakukan perjalanan dengan KA dari Stasiun Solo Balapan menggunakan Argo Lawu hingga Purwokerto.

''Alhamdulillah, perjalanan KA juga tepat waktu. Kepadatan penumpang juga terjadi hanya pada jam tertentu, pagi hari menjelang jam 05.00 WIB dan 05.30 WIB, kemudian jam 10.00 WIB hingga 11.00 WIB, dan sore hari jam 15.00 WIB dan setelahnya,'' jelasnya.

Di Stasiun Purwokerto, Kakorlantas mendapat penjelasan dari pihak PT KAI Daop 5 Purwokerto mengenai prediksi puncak arus balik libur tahun baru. 

Saat ditanya mengenai kemacetan jalan raya yang terjadi pada masa libur Natal beberapa waktu lalu, dia menyebutkan kemacetan terjadi karena banyak jalan yang sedang dilakukan perbaikan.

''Pada saat arus mudik natal, kemacetan  memang terjadi di Pejagan. Hal ini karena kita tidak bisa mengalihkan kepadatan lalu lintas ke jalur tol Pejagan-Pemalang, karena saat ini sedang dicor,'' ujarnya.

Kondisi ini berbeda pada saat libur lebaran. Pada saat itu, jalur tol yang sudah disiapkan bisa difungsikan sebagai jalan tol darurat sehingga bisa difungsikan untuk mengurai kemacetan.

''Tapi pada saat libur Natal kemarin, ruas tol tersebut sedang ada pengerjaan pengecoran sehingga tidak bisa kita fungsikan,'' katanya lagi.

Selain itu, dia menyebutkan, adanya perlintasan KA di Pejagan juga membuat pihaknya harus melakukan upaya buka-tutup jalan.

Mengenai kepadatan penumpang KA pada masa libur akhir tahun ini, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono, menyebutkan puncak arus balik terjadi pada Ahad (3/1) ini.

''Hari ini, jumlah penumpang KA yang akan naik dari Stasiun Purwokerto mencapai 5.000-an orang. Pada puncak arus balik pertama pada 27 Desember 2015 kemarin, jumlah penumpang yang naik ada sebanyak 4.969 orang,'' jelasnya.

Ia mengatakan, kenaikan jumlah penumpang pada masa angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di Stasiun Purwokerto, mencapai 25 persen per hari dibanding musim libur akhir tahun sebelumnya.

''Data tersebut, bisa dilihat dari jumlah pemesanan tiket yang kita terima,'' ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement