Sabtu 02 Jan 2016 13:57 WIB
Perayaan Tahun Baru

Ini Rahasia Jakarta yang Kinclong Usai Perayaan Tahun Baru

Rep: c 33/ Red: Indah Wulandari
Warga mengunjungi Kawasan Monas, Jakarta, Jumat (1/1).
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/
Warga mengunjungi Kawasan Monas, Jakarta, Jumat (1/1).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perayaan Tahun Baru identik dengan tumpukan sampah di sejumlah lokasi kerumunan massa. Namun, berkat kerja keras petugas kebersihan DKI Jakarta, tumpukan sampah sudah lenyap keesokan harinya. Hal itu pun menuai apresiasi dari masyarakat yang kaget melihat Jakarta sudah bersih di pagi pertama tahun 2016.

Di balik kerja keras para petugas kebersihan itu, Kepala Dinas Kebersihan (Kadinsih) DKI Jakarta Isnawa Adji sudah memiliki strategi penanggulangan sampah sejak beberapa bulan lalu.

Ia pun menjelaskan para petugas kebersihan memang sudah tiap tahunnya diterjunkan pada lokasi kerumunan massa, termasuk di Sudirman-Thamrin yang menjadi lokasi Car Free Night.

"Cara mengatasi sampah perayaan tahun baru dengan cara dicicil. Titik lintasan jalan yang bukan kosentrasi massa dibersihkan lebih dulu. Kalau pusat kerumunan massa dibersihkan setelah jam 01.00 dini hari pascamassa bubar," jelasnya, Sabtu (2/1).

Ia mengatakan, para petugas kebersihan sebelum pukul 00.00 WIB fokus membersihkan jalan yang dilewati massa. Ia mencontohkan biasanya warga banyak yang membuang sampah di jalan sepanjang menuju pusat konsentrasi massa. Sampah itulah yang ia tugasi untuk dibersihkan lebih dulu. Sehingga targetnya untuk membuat Jakarta kembali bersih di pagi hari bisa terlaksana.

"Kita targetnya jam 05.00, Jakarta sudah bersih. Sampah tahun baru itu dibuang di Bantar Gebang," katanya.

Sementara itu, ia mengaku menyiapkan 30 kendaraan penyapu jalan atau street sweeper pada perayaan tahun baru kemarin. Sedangkan personel kebersihan totalnya ada 5.000 orang terdiri dari petugas kebersihan, kru dan operator street sweeper. Ia menjelaskan street sweeper digunakan untuk mempercepat pembersihan terutama saat hujan.

"Street sweeper itu bergerak duluan ketika hujan turun. Habis itu baru deh tukang sampahnya turun," ujarnya.

Kinerja para petugas kebesihan bisa dibilang patut diapresiasi. Apalagi Kadinsih mengatakan, tidak ada satupun anak buahnya yang libur ketika perayaan tahun baru. Ia merasa pekerjaannya dan anak buahnya sangat penting demi kebersihan Jakarta

"Tidak ada anggota Dinas Kebersihan yang libur ketika tahun baru karena pada momen seperti itulah kerja kita terbilang krusial," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement