Rabu 30 Dec 2015 19:49 WIB

Sekolah di Yogya Siap Terapkan Kurikulum Nasional di 2016

Rep: Yulianingsih/ Red: Hazliansyah
Kurikulum 2013 (2013)
Foto: Republika/Mardiah
Kurikulum 2013 (2013)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Semua sekolah negeri dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah (SMA/SMK) di Kota Yogyakarta siap memberlakukan kurikulum nasional atau kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2016/2017 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementrian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan untuk pemberlakuan kurikulum nasional tersebut disemua sekolah negeri di Yogyakarta.

"Kita sudah usulkan untuk diberlakukan serempak tahun depan namun masih belum ada jawaban," katanya, Rabu (30/12).

Menurutnya, Kota Yogyakarta sangat siap dalam pemberlakuan kurikulum tersebut. Bahkan pada tahun lalu banyak sekolah di Yogya yang sudah menyatakan kesiapannya. Semua guru di Yogyakarta juga sudah mengikui pelatihan kurikulum tersebut.

Diakui Edy, dari semua usulan itu nanti akan ada verifkasi dari kementrian terkait kesiapan sekolah di Yogya terhadap penerapan kurikulum nasional tahun depan. "Kita tahu memang ada kuota, namun Yogya sudah siap semua untuk negeri," ujarnya.

Jumlah sekolah negeri di Yogya sebanyak 89 SD, 16 SMP dan 11 SMA sera 7 SMK. "Kita tetap menunggu jawaban dari pusat dan hasil verifiikasi atas usulan kami," katanya.

Tahun ini kata dia, beberapa sekolah di Yogya juga sudah memberlakuan kurikulum tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement