Selasa 29 Dec 2015 15:41 WIB

Bekasi Kerahkan 965 Personel Satlantas Amankan Tahun Baru

Rep: C37/ Red: Ani Nursalikah
  Anggota kepolisian bersiap melakukan patroli usai apel siaga pengamanan Natal dan Tahun Baru 2015 di lapangan parkir Stasiun Gambir, Jakarta, Ahad (19/12).  (Republika/Rakhmawaty La’lang)
Anggota kepolisian bersiap melakukan patroli usai apel siaga pengamanan Natal dan Tahun Baru 2015 di lapangan parkir Stasiun Gambir, Jakarta, Ahad (19/12). (Republika/Rakhmawaty La’lang)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sebanyak 965 personel Kepolisian Resor Kota Bekasi akan dikerahkan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Kota Bekasi. Dari jumlah tersebut, 150 anggota Satlantas akan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di lapangan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, AKP Bayu Pratama menjelaskan, untuk perayaan malam tahun baru, Pemkot Bekasi akan mengadakan Car Free Night di Jalan Raya Ahmad Yani. Dengan diadakannya acara tersebut di Jalan Ahmad Yani, jalan dari simpang Kayuringin hingga Jalan Layang KH Noer Alie akan ditutup. Kendaraan akan dialihkan ke Jalan Rawa Tembaga dan Kemakmuran.

"Pengalihan arus kemungkinan akan dilakukan sejak pukul 22.30 hingga selesainya pembacaan doa oleh Wakil Wali Kota Bekasi," kata Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota AKP Bayu Pratama, Selasa (29/12).

Untuk tempat parkir, warga bisa memanfaatkan pusat perbelanjaan serta gang yang berada di samping kiri dan kanan Jalan Raya Ahmad Yani. Ia memprediksi, ada beberapa titik yang akan dipenuhi pengguna jalan, baik pengendara mobil, motor maupun pejalan kaki. Adapun lokasi tersebut antara lain di kawasan Summarecon, Harapan Indah, Citra Grand Cibubur, Mega Bekasi Barat di Ahmad Yani, serta Bekasi Junction (Pasar Proyek Lama).

Untuk itu, instansinya telah menyiapkan 14 pos pengamanan yang tersebar di Kota Bekasi. Misalnya, di Stasiun Kranji, Alun-Alun Kota Bekasi, Ahmad Yani, Terminal Bekasi dan sebagainya. Tujuannya, untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminal seperti pencopetan dan perkelahian.

"Satu pos dijaga empat-enam personel dan sisanya ada yang mobile di lapangan," kata Bayu.

Ia menghimbau agar masyarakat tidak berlebihan dalam merayakan malam pergantian tahun, seperti bermain petasan, balap liar dan lainnya. "Kami juga menghimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan keselamatan dengan cara tertib di jalan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement