Ahad 27 Dec 2015 14:55 WIB

Liburan Panjang, Pemerintah Diminta Pikirkan Arus Balik

Rep: c39/ Red: Damanhuri Zuhri
Kemacetan panjang terjadi di Tol Dalam Kota arah Tol Cikampek, Kamis (24/12).  (Republika/Yasin Habibi)
Kemacetan panjang terjadi di Tol Dalam Kota arah Tol Cikampek, Kamis (24/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mengatasi kemacetan tahun ini, upaya pengaturaan sudah dilakukan pihak terkait, seperti Kementerian Perhubungan dan Polisi.

Tapi, problemnya kondisi tahun ini sebenarnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga pemerintah harus memikirkan arus balik.

"Ini liburnya banyak dan panjang, mulai dari maulid nabi, natal, liburan sekolah, dan tahun baru," kata pengamat transportasi Universitas Indonesia, Mohammed Ali Berawi saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (27/12).

Mohammed mengatakan, tahun kemarin hanya ada liburan natal dan tahun baru. Sementara, kata dia, kondisi saat ini berbeda, karena membuat orang melakukan perjalanan di waktu bersamaan. "Ini membuat orang melakukan perjalanan untuk mudik dan untuk liburan," ujarnya.

Mohammed mengatakan, jika berbicara mobil sudah keluar pasti akan masuk kembali, sehingga pada arus balik tahun ini pemerintah harus segera memikirkan agar kemacetan tidak terjadi lagi.

"Kebiajakan mengeluarkan surat larangan untuk truk berat yang mengangkut di luar bahan-bahan kepentingan publik itu bagus," jelas Mohammed.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasinya, pemerintah juga harus melakukan penertiban di simpul-simpul kemacetan, serta melakukan sosialisasi antar moda transportasi, seperti mendorong masyarakat untuk menggunakan kereta dan sebagainya.

Walaupun, kata dia, sarana untuk menggunakan kereta atau moda lainnya sebenarnya saat ini tidak begitu berpengaruh, karena mobil pribadi yang dipakai mudik kemarin tetap harus kembali lagi.

Karena itu, ia menyarankan pihak terkait untuk melakukan sistem pengaturan waktu, sehingga orang bisa menentukan waktu untuk pulang dengan tepat.

"Dalam pengaturan waktu, sebenarnya yang harus dijadikan sasaran adalah orang yang memang tujuan mudik, karena kalau orang yang liburan biasanya planningnya lebih mateng. Yang mudik, itu yang bisa didorong agar tidak kembali secara bersamaan lagi," jelasnya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement