Jumat 25 Dec 2015 16:19 WIB

Macet Kepung Bandungan

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ilham
Kemacetan kendaraan terlihat di Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/12).
Foto: Republika/ Wihdan
Kemacetan kendaraan terlihat di Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/12).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Dua hari masa libur berkaitan dengan hari besar keagamaan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi sejumlah tempat tujuan wisata. Tak terkecuali sejumlah tempat wisata di Kabupaten Semarang.

 

Akibatnya, di sejumlah jalur wisata yang ada di daerah ini mengalami kepadatan arus lalulintas. Bahkan, di sejumlah titik ruas jalan menuju sejumlah obyek wisata ini menjadi simpul kemacetan.

 

Berdasarkan pantauan di jalur wisata Bandungan Kabupaten Semarang, simpul kepadatan arus lalulintas berada di titik pasar Jimbaran, Kecamatan Bandungan. Kepadatan ini dipicu oleh persimpangan jalur.

 

Salah seorang pengguna jalan, Andhi Lesmana (43) mengatakan, simpul pemicu kepadatan ada di dua tempat. Masing- masing pertigaan menuju desa wisata Pemancingan Blater serta pertigaan menuju kawasan obyek wisata Umbul Sidomukti.

 

Kedua persimpangan ini berada di sekitar pasar Jimbaran. Karena kendaraan bermotor harus bergantian untuk mengakses sejumlah jalur wisata ini. Akibatnya ,terjadi penumpukan kendaraan sejak 1,5 kilometer sebelum pasar Jimbaran.

 

“Untuk arus lalulintas dari arah Lemahabang hingga Jimbaran, harus merayap sejak dari Desa Bergas Kidul atau sekitar 1,5 kilometer sebelum pasar Jimbaran,” katanya, Jumat (25/12).

 

Menurut Andhi, volume kendaraan yang melintas melonjak signifikan akibat musim liburan sekolah sudah tiba. Persoalan lainnya, tidak ada jalur alternatif untuk mengurai kepadatan arus lalulintas. Sehingga terjadi penumpukan kendaraan. “Karena puluhan bus wisata badan besar juga sudah melintas di jalur wisata ini,” lanjutnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement