Ahad 20 Dec 2015 20:31 WIB

Wisatawan Domestik Serbu Bali

Rep: ahmad baraas/ Red: Damanhuri Zuhri
WIsatawan bermain di Pantai Kuta, Bali
Foto: Republika/Agung Supriyanto
WIsatawan bermain di Pantai Kuta, Bali

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Musim liburan sekolah memengaruhi jumlah wisatawan yang datang ke Bali. Berdasarkan data di ASDP Ketapang, jumlah wisatawan yang masuk ke Bali sejak empat hari terakhir naik sekitar 25 persen.

"Mereka yang datang ke Bali kebanyakan para pelajar, dengan menumpang bus wisata," ungkap Manager Usaha ASDP Ketapang, Wahyudi Susyanto, Ahad (20/12).

Kepada Republika melalui handphone-nya, Wahyudi mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan domestik yang datang ke Bali, terlihat dari jumlah bus wisata yang masuk ke Bali melalui Ketapang.

Dibandingkan hari biasa kata Wahyudi, jumlah bus wisata yang menyeberang ke Bali empat hari terakhir meningkat sebesar 20-25 persen.

Dikatakannya, selain kendaraan bus, jumlah truk yang menyeberang ke Bali juga mengalami peningkatan antara 5-10 persen.

Truk barang itu kata Wahyudi, kebanyakan mengankut sembako atau bahan-bahan kebutuhan primer. "Peningkatan penyeberang ini biasanya berlangsung sampai menjelang liburan sekolah berakhir," kata Wahyudi.

Sementara itu berdasarkan pemantauan Republika di jalur Denpasar-Gikimanuk, jumlah bus wisata dan truk pengangkut barang memadati jalan nasional itu.

Para wisatawan domestik kebanyakan memilih Kuta dan Denpasar sebagai tempat mereka menginap selama berlibur di Bali.

"Dari Denpasar barulah kami berwisata menuju objek-objek wisata yang ada," kata Indah, salah seorang siswi SMPN 1 Jember, Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement