Rabu 16 Dec 2015 22:12 WIB

Pemkot Bogor-Kodim 0606 Gelar Panen Raya

Rep: c34/ Red: Hazliansyah
Sejumlah petani mengangkat karung berisi garam saat panen raya di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (10/11).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Sejumlah petani mengangkat karung berisi garam saat panen raya di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Kodim 0606 Kota Bogor melangsungkan panen raya di lahan seluas lima hektare di Sindang Barang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (16/12). Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama kedua pihak dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan pertanian.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kota Bogor, Wawan Darmawan mengatakan, pemerintah telah menggagas sejumlah program dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional. Upaya mendukung swasembada pangan itu sudah diberikan kepada petani dan kelompok tani di Kota Bogor.

"Termasuk program-program yang sudah kami lakukan bersama Kelompok Tani Dewasa (KTD) Mekar Tani yang mengelola lahan yang hari ini dipanen," ujar Wawan.

Ia menginformasikan, Dinas Pertanian telah melakukan perbaikan irigasi seluas 20 hektare di areal tanaman padi dan palawija di Sindang Barang. Bantuan benih, pupuk, serta peralatan seperti traktor tangan dan mesin pompa air juga telah diberikan agar KTD Mekar Tani dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Ketua KTD Mekar Tani Inta Suminta mengatakan, lahan seluas lima hektare yang dipanen tersebut ditanami varietas padi jenis Ciherang dan IR 64. Padi dengan masa tanam 100 hari itu bisa menghasilkan 8,4 ton per hektare.

"Alhamdulillah kami mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Bogor berupa pupuk urea dan toska masing-masing 50 kg dan benih 25 kg," kata Inta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement