Kamis 10 Dec 2015 15:25 WIB

Pesawat N219 Diresmikan, Ini Tanggapan Luhut

Rep: c26/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat N219 Buatan PT DI
Foto: PT DI
Pesawat N219 Buatan PT DI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pesawat N219 buatan anak negeri resmi ditampilkan pertama kali oleh PT Dirgantara Indonesia (DI). Penampilan pesawat karya asli bangsa Indonesia itu diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan mewakili Presiden Joko Widodo yang sedianya akan hadir.

Luhut mengaku sangat bangga terhadap putra putri Indonesia yang berhasil mengembangkan pesawat N219. Menurutnya ini sangat membanggakan bagi kemajuan Indonesia 

"Saya lihat tadi di dalam pesawat N219 yang diciptakan anak-anak Indonesia benar-benar membanggakan. Saya bangga dengan mereka," kata Luhut di Hanggar Pesawat N219, Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12).

Ia menambahkan pesawat ini sangat cocok untuk dimanfaatkan di wilayah terpencil. Di mana membutuhkan trasnportasi udara untuk menjangkau. Pesawat N219 sudah didesain untuk transportasi di wilayah yang berbukit-bukit.  

Ia berharap ke depannya Indonesia bisa menjadi negara yang berkompetitif dalam pengembangan industri pesawat terbang. Tidak hanya dipasarkan di dalam negeri tapi juga ke negara lain. 

Ia yakin bersama PT DI bisa lebih bersaing dan maju. Sesuai harapan Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia negara yang kompetitif.

Pesawat N219 merupakan hasil pengembangan yang dilakukan PT DI sejak Maret 2007. Pesawat ini berkapasitas 19 penumpang dengan dua mesin turboprop. Kemampuan daya jelajahnya mencapai 1580 NM dengan kecepatan maksimum 213 knots.

 

Baca juga: PT DI Siap Buatkan Helikopter yang Sesuai Karakter Presiden Jokowi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement