Rabu 09 Dec 2015 18:39 WIB

Hitung Cepat LSI, Pasangan Andi Menang 55,13 Persen di Kabupaten Indramayu

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolanda
Pilkada Serentak
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pilkada Serentak

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pasangan Anna Sophanah-Supendi (Andi) memenangkan pilkada Kabupaten Indramayu 2015 versi quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dengan perolehan 55,13 persen suara, Rabu (9/12). Namun, hasil akhir tetap menunggu hasil perhitungan manual KPUD Indramayu.

Dari hasil hitung cepat itu juga, pasangan Toto Sucartono-Rasta Wiguna (Tora) meraih 44,87 persen suara. Itu berarti, selisih suara kedua pasangan itu hanya sekitar 10 persen.

"Data masuk 100 persen pukul 15.45 WIB," kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah.

Toto menyatakan, hitung cepat itu menggunakan standar multistage random sampling dengan jumlah 1.383.808 pemilih yang tersebar di 2.781 TPS. Jumlah sampel pemilih tersebut dialokasikan ke 218 sampel TPS yang dipilih secara acak.

Menurut Toto, margin error dalam hitung cepat ini adalah plus minus satu persen. Adapun tingkat partisipasi pemilih (VTO) sebesar 59,81 persen.

"Namun hasil final tetap pada hitung manual KPUD. Kami tidak ingin mengklaim ini final," tegas Toto.

Toto menambahkan, dari hasil hitung cepat itu juga diperoleh hasil bahwa tingkat golput mencapai sekitar 40 persen. Dari pemilih yang golput itu, ada di antaranya yang sudah merasa jenuh dengan pilkada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement