Ahad 06 Dec 2015 20:36 WIB

Gelar Muktamar Keenam, ICMI Lanjutkan Sumbangsih untuk Indonesia

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Joko Sadewo
ICMI
ICMI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) akan memantapkan program dan kinerja dalam Muktamar keenamnya. ICMI akan menggelar muktamar keenam sekaligus Milad ke-25 di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 11 hingga 13 Desember 2015.

ICMI bertekad melanjutkan sumbangsih untuk kemajuan Indonesia. "ICMI akan memperingati apa yang telah dicapai dalam 25 tahun terakhir sekaligus redesign ICMI selanjutnya," kata Ketua Presidium ICMI Sugiharto kepada Republika.co.id, Ahad (6/12).

Sugiharto mengatakan, dalam periode 25 tahun ke belakang, ICMI telah ikut serta melahirkan Indonesia yang lebih baik. Hal itu terutama berkaitan dengan peningkatan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kecendekiaan.

Sugiharto mengatakan, ICMI berupaya menghapus islamofobia dengan memasukkan Indonesia ke dalam sistem ekonomi syariah. Hal itu ditandai dengan pendirian Bank Muamalat. Di sektor keuangan, ICMI juga menggagas pendirian asuransi Takaful. Kemudian, untuk merespons pentingnya media komunikasi, ICMI bersama Majelis Ulama Indonesia mendirikan Harian Umum Republika.

Menurut Sugiharto, capaian itu hanya bagian kecil dari pengabdian ICMI dalam mengawal perjalanan panjang bangsa.

Muktamar ICMI 2015 akan dihadiri 900 pengurus dari seluruh Indonesia. Meski begitu, Sugiharto yakin lebih dari dua ribu orang akan ikut meramaikan muktamar tersebut.

Muktamar ICMI 2015 akan digelar di Universitas Mataram. Sugiharto menjelaskan, kampus diharapkan dapat menjadi basis kebangkitan ICMI.  "Kami berharap mahasiswa berkhidmat dan mengawal NKRI," ujar Sugiharto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement