Jumat 04 Dec 2015 08:59 WIB

Program Percontohan Wanatani Melindungi Hutan Alam

Hutan
Foto: rtr
Hutan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah berupaya untuk melindungi kelestarian hutan. Asia Pulp & Paper Group (APP) ikut berkomitmen mendukung pembangunan ekonomi di 500 desa di sekitar area para pemasok kayu untuk perusahaan. Program ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dapat diwujudkan dengan cara yang lebih berkelanjutan, dengan mendukung perlindungan hutan di Indonesia.

Komitmen baru tersebut dilakukan pada Konferensi Perubahan Iklim PBB, COP21 (Conference of Parties ke-21), yang mendukung ambisi Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada 2030. Mendukung pembangunan ekonomi komunitas lokal merupakan bagian integral dari program perlindungan hutan APP.

Managing Director Sustainability APP Aida Greenbury menyatakan, komitmen tersebut melengkapi upaya sejak tahun 2014, untuk melindungi dan merestorasi sejuta hektar lahan hutan, selain menyumbang 10 juta dolar AS, baik dalam bentuk materi maupun dana, untuk konservasi hutan di Indonesia.

Komitmen itu diwujudkan melalui rangkaian program percontohan wanatani atau agroforestry, yang mencakupi edukasi dan pelatihan tentang: cara berternak, teknik berkebun sayur dan buah, ilmu kehutanan dan keterampilan bisnis yang memungkinkan masyarakat untuk memperoleh mata pencaharian alternatif tanpa harus membuka lahan hutan.

"Program-program ini bertujuan melindungi hutan alam di Indonesia sambil  meningkatkan perekonomian komunitas-komunitas lokal," katanya.

Dengan memberi opsi mata pencaharian yang tidak bergantung pada lahan, program-program ini diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya konflik lahan. Rangkaian program yang ditawarkan juga bertujuan mengurangi risiko perambahan lahan hutan dan aktivitas tebang-bakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement