Selasa 01 Dec 2015 23:06 WIB

Seluruh TPS di Sumbar Dilengkapi Template untuk Pemilih Tunanetra

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah
 Sosialisasi Pemilu untuk kaum Difabel dan Lansia di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Bandung, Selasa (18/2). (Republika/Edi Yusuf)
Sosialisasi Pemilu untuk kaum Difabel dan Lansia di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Bandung, Selasa (18/2). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menyiapkan 11.121 template untuk memfasilitasi para difabel, khususnya tunanetra dalam Pilkada serentak 9 Desember mendatang. "Surat suara sama. Template ada di seluruh TPS, nanti pemilih tuna netra tinggal meraba saja," kata Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar, Fikon di Padang, Sumbar, Selasa (1/12).

Ia menjelaskan, template tersebut merupakan alat bantu yang sudah dilengkapi dengan cetakan huruf braille. Kemudian, ia melanjutkan, surat suara dimasukkan ke dalam tamplete. Sehingga, kata Fikon, pemilih tunanetra dapat dengan mudah meraba untuk memilih calon kepala daerah pilihannya.

(Baca Juga: KPU tak Sanggup Penuhi Seluruh Kebutuhan Pemilih Difabel).

Fikon mengatakan, KPU akan menempatkan satu template pada setiap TPS, yang totalnya 11.121 buah. Ia mengungapkan, alasan penggunaan template karena KPU tidak mempunyai data pasti berapa jumlah pemilih tunanetra. Sehingga, KPU tidak mencetak surat suara braille pada Pilkada 2015.

Kemudian, Fikon mengatakan, bagi pemilih tunanetra yang tidak pandai menggunakan template tersebut, KPU sudah menyiapkan formulir C3. Formulir tersebut, berupa permohonan atau persetujuan mendapat pendampingan saat memilih. Sehingga, petugas atau KPPS dapat mendamping mereka dalam bilik suara.

Selain untuk pemilih tunanetra, ia melanjutkan, KPU juga menyiapkan TPS yang ramah bagi penyandang difabel. Seperti pengguna kursi roda atau tongkat. KPPS, Fikon mengatakan, harus menyiapkan tempat yang lapang, bilik suara yang luas, meja pencoblosan yang mudah dijangkau. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement