Ahad 29 Nov 2015 02:00 WIB

Melanie Subono Anggap Perubahan Iklim Isu Seksi

Melanie Subono
Foto: cumicumi.com
Melanie Subono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi dan penulis lagu independen Melanie Subono menganggap perubahan iklim sebagai isu seksi. Perubahan iklim menjadi wacana bersama namun tidak dipahami banyak orang.

"Ini isu seksi yang tidak semua (orang) bisa paham. Dengan cara cerdas seharusnya masyarakat awam juga bisa membuat upaya menekan kenaikkan suhu bumi tercapai," kata Melanie di Jakarta, Sabtu (28/11).

Wanita kelahiran Hamburg, Jerman, 39 tahun lalu ini mengatakan bukti bahwa isu perubahan iklim seksi bisa dilihat dari banyaknya kepentingan yang bermain di dalamnya. "Tapi saya sadar ini tanggung jawab semua. Dan kalau (kondisi bumi) nggak dibenahi sekarang, Indonesia selesai," ujarnya.

Putri dari promotor musik Adrie Nurmianti Subono ini mengaku sangat mencintai Indonesia. Ia ingin bisa hidup sehat di dalamnya. Namun, keinginan itu tidak akan tercapai jika masyarakat yang hidup di Indonesia tidak mau merawatnya.

"Itu hak kita untuk bisa hidup sehat di Indonesia. Karena itu jadi kewajiban semua untuk menjaganya," ujar Melanie.

Ia berharap delegasi Indonesia yang berangkat ke Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim (Conference of Parties/COP) 21 tidak hanya sekedar hadir, tapi bisa membawa hasil ke Tanah Air. "Dan yang paling penting itu (hasil dari COP 21) dikerjakan atau diimplementasikan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement