Sabtu 28 Nov 2015 18:19 WIB

Rizal Ramli Jadi Menteri Paling Populer di Medsos

Rep: C30/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Manusia Rizal Ramli
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Manusia Rizal Ramli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Institute for Development of Economic and Finance (Indef) melakukan survei tentang siapa saja menteri yang paling banyak dibicarakan publik, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Berdasarkan hasil survei, diketahui bahwaMenteri Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli menjadi yang paling banyak diperbincangan netizen di twitter.

"Sebanyak 190 ribu twitt yang membicarakan tetang Menteri Menko Maritim ini," ujar peneliti Indef bidang data Analisis, Amanah Ramadiah di Kantor Indef, Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11).

Mengikuti di belakangnya ada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga banyak dibicarakan oleh 133 ribu netizen.

Kemudian di urutan selanjutnya ada menteri ESDM, Sudirman Said  dengan 126 ribu twit, menteri BUMN Rini Soemarno dengan 101 ribu twit dan menteri PDT Marwan Jafar dengan 87 ribu twit.

"Lima menteri tersebut yang saat ini populer di medsos, terlepas dari pembicaraan negatif maupun positif oleh netizen," tutur wanita yang akrab dipanggil Ami ini.

Ami melanjutkan, sementara lima menteri yang paling kurang populer di masyarakat adalah Mensesneg Pratikno, Menteri Koperasi AAGN Puspayoga, Menteri Wanita Yohana Yembise, Menkum HAM Yosanna Laoly, dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

"Penelitian ini diambil dari perbincangan masyarakat di Twitter sejak 12 November sampai 13 November," ujarnya.

Ami menjelaskan, publik sendiri bermacam-macam mengekspresikan perasaan mereka terhadap kinerja para menteri ini. Dari yang puas, kecewa, galau, sampai ungkapan dengan melalui emoji-emoji tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement