Kamis 26 Nov 2015 21:29 WIB

Gerakan Makan Ikan Digencarkan di Bogor

Rep: C34/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ikan goreng/ilustrasi
Foto: indochinekitchen.com
Ikan goreng/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Pertanian Kota Bogor menyosialisasikan gerakan masyarakat makan ikan, Kamis (26/11). Kegiatan yang melibatkan perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Tim Penggerak PKK, dan ratusan siswa SD Kota Bogor itu bertempat di halaman Distani Kota Bogor, Jalan Raya Cipaku, Bogor Selatan.

Kepala Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor Azrin Syamsudin menyampaikan, gerakan massal tersebut merupakan momentum yang baik dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan cerdas. Dengan mengonsumsi ikan yang berprotein tinggi, diharapkan bisa mewujudkan masyarakat yang sehat serta meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data Badan Ketahanan Pangan Kota Bogor, Pola Pangan Harapan (PPH) Kota Bogor saat ini baru mencapai angka 82. Padahal, kata Azrin, pihaknya menargetkan angka 90.

Untuk mewujudkan capaian target, ke depannya Kota Bogor akan menyediakan satu lokasi yang menjual ikan segar dan produk perikanan. Dalam waktu dekat, Distani Kota Bogor bersama para stakeholder juga akan merumuskan dan membentuk Forum Gemar Ikan Kota Bogor.

"Implementasinya melibatkan pemerintah, seluruh lapisan masyarakat yang terdiri dari ormas, lintas profesi, dan insan pendidikan," kata Azrin.

Forum Gemar Ikan akan dipimpin Ketua TP PKK bersama pengurus dan para kader PKK sebagai motor penggerak. Berdasarkan SK Menteri Kelautan dan Perikanan  No.29/ 2006, TP PKK bertugas mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran gizi individu dan masyarakat melalui konsumsi ikan.

Perwakilan TP PKK Kota Bogor Erisnon Daslim mengungkapkan, sosialisasi itu menjadi upaya meningkatkan konsumsi ikan dan melestarikan potensi perikanan. Sosialisasi tersebut juga digencarkan untuk melaksanakan undang-undang perikanan dan pangan.

Melalui gerakan tersebut, Erisnon yakin misi meningkatkan konsumsi ikan di Kota Bogor bisa tercapai. Apalagi, dengan adanya dukungan dan sinergitas dari unit terbesar hingga unit terkecil masyarakat.

"Ikan merupakan salah satu sumber protein tinggi yang baik dikonsumsi bagi orang dewasa maupun anak-anak," ujarnya.

Acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dimeriahkan dengan lomba pidato dan mewarnai tingkat SD dengan tema yang berkaitan dengan gerakan makan ikan. Siswa yang menjuarai lomba pidato dipilih sebagai duta gemar makan ikan Kota Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement