Kamis 26 Nov 2015 05:43 WIB

Penghargaan Mendorong Efisiensi Energi

Direktur jenderal energi terbarukan konserfasi energi (EBTKE) Rida Mulyana (kanan) beraudiensi saat berkunjung di kantor Republika, Jakarta, Senin (16/4).(Republika/Rakhmawaty La'lang).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Direktur jenderal energi terbarukan konserfasi energi (EBTKE) Rida Mulyana (kanan) beraudiensi saat berkunjung di kantor Republika, Jakarta, Senin (16/4).(Republika/Rakhmawaty La'lang).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM menggelar Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN). Untuk kategori Manajemen Energi di Industri Besar, juara pertama disabet PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKKP) di Tangerang.

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Rida Mulyana memberikan penghargaan tersebut di Jakarta pada Selasa (24/11) malam. Rida mengatakan, kompetisi PEEN digelar sekaligus mempromosikan pemanfaatan energi di regional ASEAN. Penghargaan tersebut membuat motivasi perusahaan-perusahaan negeri dan swasta untuk menggenjot program hemat energi.

Menurut Rida, pemenang penghargaan tersebut nantinya akan membawa nama Indonesia untuk dapat bersaing pada kegiatan yang diadakan ASEAN Center for Energy (ACE). "Ini nanti kita janjikan yang menang akan mewakili Indonesia untuk bersaing di tingkat ASEAN," tutur Rida.

Menurut Manajer Energi IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin, terdapat tiga upaya utama yang dilakukan perusahaannya dalam efisiensi energi. Caranya meliputi, penyuluhan kepada seluruh karyawan pabrik akan pentingnya melakukan penghematan energi dan aktivitas optimasi sistem di pabrik. Sebagai contoh sederhana menyesuaikan suhu air conditioner di kantor.

 

"Kami juga melakukan modifikasi mesin atau perakitan baru sehingga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian energi," katanya. Langkah penghematan itu terbukti dapat dilakukan dari tahun 2011 hingga 2014, yang mengalami peningkatan sekitar 13,7persen untuk listrik dan 18 persen untuk steam.

Direktur APP Suhendra Wiriadinata mengapresiasi langkah terobosan yang dilakukan anak perusahaannya itu. “Kami menyambut baik apresiasi yang diberikan Kementerian ESDM, hal ini mendorong kami untuk terus berupaya dalam efisiensi energi di tiap unit industri kami.”

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement