Selasa 24 Nov 2015 05:44 WIB

Setiawan Djodi Dukung Rachmat Gobel untuk Pimpin Kadin

Rep: muhammad subarkah/ Red: Muhammad Subarkah
Kandidat Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2020 Rosan P. Roeslani (kiri) dan Rachmat Gobel (kanan) menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VII Kadin di Bandung, Jawa Barat, Senin (23/11).
Foto: Antara/Novrian Arbi
Kandidat Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2020 Rosan P. Roeslani (kiri) dan Rachmat Gobel (kanan) menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VII Kadin di Bandung, Jawa Barat, Senin (23/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha Setiawan Djodi menyatakan mendukung Rachmat Gobel menjadi ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. "Sebab, Rachmat Gobel memiliki tekad kuat serta misi untuk menyatukan dan memperkuat Kadin, makanya saya berharap supaya dia terpilih," ujar Djodi di Jakarta, Senin (23/11).

Ia menyebutkan, figur Rachmat Gobel tergolong pantas dan layak menjadi pilihan bagi peserta Musyawarah Nasional Kadin VII, yang saat ini berlangsung di Bandung, Jawa Barat pada 22-24 November 2015.

Dengan begitu, katanya, kepemimpinan Kadin periode 2015-2020 akan berada di tangan orang yang tepat, guna membangun kebesaran sekaligus mandat persatuan dalam satu wadah organisasi sebagaimana keinginan semua pihak baik masyarakat maupun anggota Kadin sendiri.

"Makanya, orang itu adalah Rachmat Gobel. Jika ia menjadi ketua umumnya, saya yakin Kadin akan bersatu, maju, dan bisa berbuat banyak dalam mengembangkan program perekonomian nasional untuk bangsa, di samping sosoknya yang dapat mendorong keberadaan Kadin agar diperhitungkan di tataran internasional," jelasnya.

Djodi menambahkan, terciptanya penyatuan dan penguatan Kadin merupakan hal mutlak sehingga para pengusaha Indonesia bersama Kadin dapat menjawab berbagai tantangan zaman, utamanya yang belakangan ini diwarnai dengan melemahnya pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Penyelenggaraan Munas VII ini mengambil tema, "Memperkuat Daya Saing Ekonomi Nasional dan Daerah melalui Pembangunan Industri yang Kuat, inovatif, dan Berkelanjutan.

Adapun agenda utama munas membuat rumusan program kerja strategis dan memilih ketua umum Kadin untuk lima tahun mendatang, menggantikan masa bhakti kepemimpinan Suryo Bambang Sulistio di Kadin pada 2010-2015.

Munas dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin pagi kemarin (23/11). Sedikitnya, 2.000 orang terdiri dari peserta dan peninjau akan hadir di dalam acara.

Menjelang Munas, beberapa tokoh yang memang berkiprah di Kadin sudah menyatakan pencalonannya untuk menjadi ketua umum, di antaranya mantan Menteri Perdagangan RI dan juga pimpinan kelompok usaha Panasonic Gobel di Indonesia, Rachmat Gobel, serta Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan Perkasa Roeslani.

Rachmat Gobel pernah menjadi Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Logam, Mesin, Kimia, dan Eelektronika di masa kepemimpinan Aburizal Bakrie, serta dua kali berturut-turut dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri, Teknologi, dan Kelautan saat Mohammad Suleman Hidayat ketua umumnya.

Di era Suryo Bambang Sulistio, Rachmat pun tetap menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Infrastruktur namun mundur karena diangkat oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan.

Sedangkan calon lain yang juga menyatakan maju, yakni Ketua Komite Tetap Hubungan Kerjasama Lembaga Luar Negeri Kadin Maxi Gunawan telah membatalkan pencalonannya. Maxi selanjutnya ikut mendukung dan bergabung dengan Rachmat Gobel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement