Senin 23 Nov 2015 15:25 WIB

Anak Jalanan di Sukabumi Dilatih Jadi Musisi Profesional

Rep: Riga Iman/ Red: Angga Indrawan
Anak jalanan
Foto: wordpress
Anak jalanan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkot Sukabumi memberikan pelatihan dan keterampilan terhadap puluhan anak jalanan (Anjal) di Kota Sukabumi, Senin (23/11). Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada anjal agar hidup mandiri dan tidak kembali ke jalanan.

"Mereka diberikan pelatihan mengenai manajemn dan latihan alat musik gitar dan angklung," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada Republika.co.id, Senin (23/11). 

Jumlan anjal yang mengikuti pelatihan sebanyak 50 orang. Rencananya, para anjal akan menjalani pelatihan selama dua hari di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Sukabumi. Pelatihan ini ujar Fahmi ditargetkan dapat mengubah pandangan mereka bahwa hidup di jalan lebih enak. 

Dalam pelatihan, nantinya mereka diberikan pemahaman yang baik agar bisa hidup mandiri. Misalnya diarahkan agar karier mereka meningkat dari musisi jalanan menjadi profesional. "Bisa dilakukan kerja sama dengan tempat kuliner," kata Fahmi. Para anjal tersebut nantinya yang akan mengisi hiburan musik di tempat tersebut. 

Selain pelatihan anjal, Pemkot Sukabumi juga melatih para perempuan dalam bidang salon kecantikan dan spa. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BLK Kota Sukabumi, Agus Adriamsyah menerangkan, pemberian keterampilan ini diperlukan agar para wanita bisa bekerja di rumah tanpa harus di pabrik.

Selama ini, lanjutnya, banyak perempuan yang menghabiskan waktunya di pabrik. Ke depan, para perempuan ini diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dengan berbekal kemampuan merias kecantikan dan spa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement