Sabtu 14 Nov 2015 10:48 WIB

Menteri Sudirman Diminta tak Alihkan Isu Freeport ke Ranah Politik

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri ESDM Sudirman Said.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Menteri ESDM Sudirman Said.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VII DPR RI Iskan Qolba Lubis meminta Menteri ESDM Sudirman Said tidak mengalihkan isu Freeport ke ranah politik.

"Isu energi yang sedang dihadapi bangsa ini lebih terkait pada persoalan kedaulatan sumber daya alam yang terabaikan," katanya, Jumat (13/11).‬

Menurut dia tindakan melempar isu pencatutan ini terkesan sedang mengalihkan isu freeport ke ranah politik.  Padahal hal terpenting diperhatikan adalah bagaimana membuat hak rakyat pada kedaulatan sumberdaya alam tidak terabaikan.

"Sesuai standar internasional, kontraktor yang telah habis masa kontraknya sudah seharusnya menyerahkan pengelolaannya kepada negara. Tak logis jika negara sebagai pemilik kekayaan alam untuk mendapatkan bagian harus membayar tanah dan kandungannya, di mana kedaulatan Negara?," kata Iskan.‬

Dengan tidak mengalihkan isu ke ranah politik, Iskan berharap Sudirman tidak menciptakan kegaduhan baru  seperti halnya saat menuding Presiden SBY berada di balik mafia migas.

"Apalagi sekarang dia menuding seseorang tanpa nama. Kalau memang memiliki bukti kuat sebaiknya sebut saja namanya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement