Sabtu 14 Nov 2015 01:51 WIB

Musim Hujan Datang, Bersiap Flu Menyerang

Rep: c27/ Red: Damanhuri Zuhri
Penyakit flu
Foto: VOA
Penyakit flu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan sudah mengguyur wilayah Indonesia. Saat musim hujan tiba, maka serangan pilek dan flu tidak dapat dihindari.

Penelitian dari Common Cold Centre di Universitas Cardiff, Inggris, menyatakan, anak-anak dan orang tua merupakan yang paling rentan terkena resiko pilek dan flu. Anak-anak menjadi reservior utama virus flu yang didapatkan dari rumah atau pun sekolah.

"Orang dewasa dalam kontak teratur dengan anak-anak yang paling rentan terkena," ujar peneliti Common Cold Centre dilansir dari //Mirror//, Sabtu (14/11).

Dalam studi yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa orang dewasa dapat terkena flu sebanyak dua hingga lima kali pertahun. Sementara anak-anak bisa terserang flu tujuh sampai 10 kali per tahun.

Untuk menangani masalah serangan flu di musim hujan, apoteker Tom Kallis menyarankan agar dapat mengenali kondisi tubuh sebaik mungkin. Termasuk tidak bekerja terlalu berat dan kurangnya waktu tidur akan meningkatkan terkena flu. "Kita tahu bahwa vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh," kata Vicky.

Ia menyarankan untuk mengonsumsi kiwi, paprika, dan kentang. Ditambah lagi konsumsi vitamin D akan menambah sistem kekebalan tubuh yang bisa didapatkan dari ikan, jamur, hati, dan telur.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement