Jumat 13 Nov 2015 13:44 WIB

Anggota TNI Bantu Petani Tanam Padi

Petani menyiapkan bibit di areal persawahan.
Foto: Antara
Petani menyiapkan bibit di areal persawahan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Angggota bintara pembina desa dari Koramil 14/Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membantu petani setempat menanam padi. Hal itu terkait dengan datangnya musim hujan di daerah tersebut.

Komandan Koramil 14/Muntilan Kapten Inf Panggih di Magelang, mengatakan kegiatan teritorial tersebut mereka lakukan di lahan padi milik petani setempat, Hadi Sarman.  Hadi memiliki lahan seluas lima hektare di Dusun Daleman, Desa Gondosuli, Kecamatan Muntilan.

"Anggota turun langsung ke sawah untuk membantu petani menanam padi. Padi yang ditanam di lahan itu jenis IR-64. Ini bentuk nyata pelaksanaan tugas teritorial," katanya Jumat (13/11).

Ia menjelaskan bahwa TNI mendukung secara langsung di lapangan terhadap usaha pemerintah mewujudkan swasembada pangan. Bentuk keterlibatan langsung TNI dalam program swasembada pangan itu, dia mengatakan, dilaksanakan anggota di wilayah kerja teritorial masing-masing.

"Sebagai upaya mewujudkan secara nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat. Selain itu juga mendukung dan menyukseskan upaya khusus dalam usaha mencapai swasembada pangan," ucapnya.

Ia mengatakan para anggota babinsa tidak memiliki keraguan turun langsung dalam membantu petani menanam padi dan membaur dengan petani. Bantuan langsung tersebut, antara lain membajak sawah, menanam padi, mengontrol pertumbuhan tanaman, hingga tahap panen.

Dia mengharapkan keterlibatan babinsa dapat membantu meningkatkan hasil panenan petani.Selain itu, ujarnya, menguatkan motivasi petani untuk mengelola lahan pertanian mereka.

"Apabila hasil panen meningkat maka kesejahteraan mereka juga semakin meningkat. Dengan meningkatnya kesejahteraan maka ketahanan nasional akan semakin kuat dengan didukungnya ketahanan pangan yang kuat pula," kata Panggih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement