Rabu 11 Nov 2015 21:00 WIB

Jabar Kaji Strategi untuk Antisipasi Banjir

Rep: Arie Lukhardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi Banjir
Foto: Republika On Line/Mardiah diah
Ilustrasi Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mengkaji strategi dan infrastruktur yang terkait untuk mengantisipasi dan mengendalikan banjir di wilayah Jabar.

Menurut Sekda Jabar Iwa Karniwa, pihaknya sudah bertemu dengan Dirjen Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) di Jakarta awal pekan ini guna membahas secara umum kesiapan penanggulan banjir.

"Juga terkait infrastrukturnya, namun masih bersifat umum," ujar Iwa di Bandung, Rabu (11/11).

Iwa mengatakan, sejumlah bahan sudah didapat pihaknya seperti kelanjutan pembangunan waduk Ciawi dan Sukamahi di Bogor, juga Cieuntung Kabupaten Bandung. "Tapi nanti saya pelajari dulu biar datanya akurat," katanya.

Saat ini, kata dia, sudah memasuki musim hujan jadi pihaknya bersama kementerian bersepakat bahwa urusan pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Jabar sudah mendesak. "Prinsipnya kita sekarang dikejar waktu," katanya.

Selain meminta waktu untuk mempelajari persoalan yang terkait di lapangan, Iwa meminta agar urusan ini didukung oleh seluruh pihak.

"Kami minta dukungan semua pihak karena tak bisa ditangani tim saja tapi semua. Kita sudah punya kesamaan gerak dan langkah, kerja paralel," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement