Selasa 10 Nov 2015 23:19 WIB

Puluhan Wisman Religi Kunjungi Riau Setiap Pekan

Masjid Kepulauan Riau
Foto: Wonderful Indonesia
Masjid Kepulauan Riau

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU --Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau mengklaim ada sebanyak 80 orang wisatawan mancanegara dari negara di Asia Tenggara berkunjung ke Riau. Kedatangan mereka untuk mengikuti kajian memperdalam keyakinan agama pada setiap pekan.

"Jelang akhir pekan, kita kedatangan tamu dari negeri jiran Malaysia berkisar antara 60 sampai 80 orang untuk ikuti kajian di Pekanbaru," papar Kepala Disparekraf Riau, Fahmizal Usman di Pekanbaru, Selasa (10/11).

Fahmizal jelaskan, pengajian itu dilaksanakan di Mesjid Agung An Nur setiap akhir pekan. Masjid yang mempunyai nilai sejarah karena selesai dibangun tahun 1968 ini, sempat menjadi kampus Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim Pekabaru di awal pendirian hingga 1973.

Masjid di ibukota Provinsi Riau tersebut saat ini merupakan salah satu yang termegah di Indonesia. Dari sisi bangunan, banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.

Dia mengatakan kajian yang diikuti turis dari Malaysia di masjid itu, diisi penceramah Ustaz Musthafa Umar, seorang alumnus pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Dia pun telah mendapat gelar sarjana muda dari Universitas Al-Azhar, Mesir tahun 1994.

Setelah memperoleh gelar S1 di Tanah Air, Musthafa Umar melanjutkan pendidikan S2 ke Universitas Islam Antar Bangsa, Malaysia pada 2000. Kemudian gelar doktoral diperolehnya dari jurusan Alquran dan Hadis di Universitas Malaya, Malaysia pada tahun 2009.

"Jadi mereka (turis religi) mendarat di Pekanbaru setiap Jumat, lalu pada Jumat malam dan Sabtu malam mereka ikuti kajian Islam dengan nara sumber Musthafa Umar. Baru hari Ahad, mereka kembali ke tanah air di Malaysia," rincinya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement