Selasa 10 Nov 2015 21:39 WIB

Gawat !!, Narkoba Sudah Sentuh Anak TK

Rep: Issha Harruma/ Red: Teguh Firmansyah
narkoba
Foto: abc news
narkoba

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Budi Waseso mengatakan, peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat membahayakan. Bukan hanya di kalangan orang dewasa, narkoba pun, kata Budi, telah menyentuh anak di jenjang Taman Kanak-kanak.

"Narkoba ini mesin pembunuh massal. Korban terbanyak kalangan SMA dan SMP. Parahnya lagi, narkoba sudah menyusup ke anak TK," kata Budi di Medan, Selasa (10/11).

Budi mengatakan, penyalahguna narkoba di Indonesia pada bulan Juni berjumlah sekitar 4,2 juta orang. Angka ini sekarang melesat dengan jumlah sekitar 5,9 juta orang. Ironisnya, dari data yang ada, Budi mengatakan, tidak sedikit anak muda yang terlibat dan kemudian harus menjadi tahanan akibat narkoba.

"Belum sampai setahun naiknya lebih dari 1,5 juta orang. Ini bukti peredaran narkoba memang sangat luar biasa," ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun menyebut narkoba sebagai mesin pembunuh masal yang siap menghancurkan generasi muda Indonesia. Hal ini dikarenakan narkoba akan menimbulkan kerusakan saraf otak secara permanen.

"30-40 orang per hari meninggal akibat narkoba. Ini sangat darurat," ujar Budi.

Mengingat bahaya narkoba terhadap kaum muda tersebut, Budi pun mengklaim telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait pendidikan mengenai narkoba. Ia pun mengimbau semua pihak untuk lebih berperan aktif dengan melakukan fungsi pencegahan mulai dari lingkup paling kecil, yakni keluarga.

"Kita jalin kerja sama dengan sekolahan, Ditjen Pendidikan. Termasuk kita mewajibkan kurikulum, materi tentang bahaya narkoba. Dari SD sampai SMA," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement