Sabtu 07 Nov 2015 16:10 WIB

Festival Kampung Kopi dan Cokelat 2015 Digelar

Rep: Puti Almas/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sajian kopi dan deretan minuman lainnya. Ilustrasi
Foto: dok: jelajah gizi 2015
Sajian kopi dan deretan minuman lainnya. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar Festival Kampung Kopi dan Cokelat 2015, Sabtu (7/11). Bertempat di Gelora Senayan Jakarta, festival ini menghadirkan pameran produk perkebunan tersebut dari seluruh Indonesia.

Festival ini diadakan untuk meningkatkan daya saing daerah kabupaten, baik di tingkat regional maupun global dalam bidang pemasaran dan pengembangan kopi dan cokelat. Tak hanya itu, kualitas dari dua produk perkebunan ini juga diharapkan bisa semakin meningkat.

Tahun ini, produk unggulan yang hadir dari berbagai daerah Nusantara, diantaranya adalah kopi Kabupaten Bandung, Kopi Lintonh dari Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara. Tak hanya itu, Kopi Aceh Gayo dan Aceh Tengah, kopi dan kakao dari Bantaeng juga dapat dinikmati di festival ini.

"Kami berharap pameran ini bisa semakin meningkatkan produktivitas serta kualitas kopi dan kakao di Nusantara," ujar  sekretaris jenderal Apkasi, Nurdin Abdulllah dalam pameran Festival Kampung Kopi dan Coklat Apkasi 2015, Sabtu (7/11).

Pameran ini juga diharapkan menjadi etalase menjanjikan bagi pengusaha lokal dan investor asing. Tentunya, untuk terjun di bidang perkebunan kopi, pengolahan dan industri hilir, serta perdagangan global (trading).

pada 2014 lalu, Apkasi juga telah menyelenggarakan pagelaran ini. Terbukti, dalam Festival  Kampung Kopi dan Coklat Apkasi tahun kemarin, puluhan daerah kabupaten mendapat kesempatan untuk melakukan ekspor kopi ke Uzbekistan dan Cina.

Festival ini berlangsung hingga Ahad (8/11) besok. Selain bisa melihat pameran kopi dan cokelat dari berbagai daerah, pengunjung juga dapat menikmati hiburan musik dan rangkaian talkshow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement