Selasa 03 Nov 2015 17:30 WIB

Angkot Trayek Baru Diprotes

Rep: c01/ Red: Friska Yolanda
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan angkot trayek 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang sebagai pengganti trayek 05 jurusan Cicaheum-Cibaduyut yang telah dinonaktifkan. Peresmian trayek baru tersebut diwarnai aksi protes dari ojek pangkalan Antapani.
Foto: c01
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan angkot trayek 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang sebagai pengganti trayek 05 jurusan Cicaheum-Cibaduyut yang telah dinonaktifkan. Peresmian trayek baru tersebut diwarnai aksi protes dari ojek pangkalan Antapani.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan peresmian angkot trayek 08 di Terminal Cicaheum, Selasa (3/11). Peresmian angkot pengganti trayek 05 ini diwarnai oleh aksi protes dari pengendara ojek dari 13 pangkalan.

Perwakilan ojek pangkalan, Wangsa (47), mengatakan, ojek pangkalan merasa dirugikan dengan adanya trayek baru tersebut. Pasalnya, angkot trayek 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang tersebut melewati 13 pangkalan ojek. Hal tersebut akan semakin mempersulit para pengendara ojek dalam menarik penumpang.

Selain itu, pengendara ojek pangkalan menilai Pemkot Bandung melalui Dinas Perhubungan kurang maksimal dalam melakukan sosialisasi angkot trayek 08. "Biasanya kan suka sosialisasi, tapi ini tidak. Kami tidak dapat undangan," ujar Wangsa di sela-sela peluncuran angkot trayek 08 di Terminal Cicaheum.

Oleh karena itu, Wangsa mengatakan para pengendara ojek pangkalan mengajukan dua aspirasi agar semua pihak dapat beroperasi dengan lancar tanpa ada yang dirugikan. Salah satu aspirasi tersebut, lanjut Wangsa, adalah perubahan rute angkot trayek 08.

Sejatinya, angkot trayek 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang akan melewati Jalan Ibrahim Adjie dan berbelok ke Jalan Terusan Jakarta dan Antapani Lama. Akan tetapi, Wangsa dan rekan-rekannya ingin agar Ngkot trayek 08 tidak melalui Jalan Terusan Jakarta, tetapi langsung menuju Jalan Jakarta.

"Jadi, rutenya jangan masuk ke Terusan Jakarta dan Antapani Lama. Lebih baik dari Jalan Ibrahim Adjie ke Jalan Jakarta kemudian ke Jalan Ahmad Yani, dan langsung terminal," tambah Wangsa.

Akan tetapi, karena perubahan rute belum memungkinkan, para pengendara ojek meminta agar angkot trayek 08 tidak mengambil penumpang di kawasan Antapani Lama, atau kawasan Perumahan Setra Dago hingga Terminal Cicaheum. Pasalnya, kawasan tersebut merupakan kawasan bagi para pengendara ojek pangkalan unuk mencari penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, satu aspirasi pengendara ojek telah disepakati. Aspirasi tersebut ialah terkait tidak bolehnya angkot trayek 08 tidak mengangkut penumpang di kawasan Perumahan Setra Dago hingga Terminal Cicaheum. Sedangkan penumpang yang ingin turun di kawasan tersebut, terang Ricky, masih diperkenankan. 

Mengenai aspirasi perubahan rute, Ricky mengatakan hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Pasalnya, rute angkot trayek 08 jurusan Cicaheum-Leuwipanjang sudah dituangkan ke dalam Keputusan Wali Kota (Kepwal) untuk rerouting dan repoling yang baru saja ditandatangani. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement