Senin 02 Nov 2015 11:42 WIB

Perawatan Gigi dan Mulut, Rendah

REPUBLIKA.CO.ID, JATINANGOR – Berdasarkan riset kesehatan dasar 2013, tingkat perawatan gigi dan mulut masyarakat di Indonesia, masih rendah. Untuk itu, dalam rangka menigkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya kesehatan gigi dan mulut, maka Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unpad, menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). Kegiatan dilakukan pada Senin-Rabu (2-4/11) pukul 08.00-15.00 WIB tempat RSGM Unpad Jl. Sekeloa Selatan I Bandung.

 

Saat ini, effective demand terhadap perawatan gigi dan mulut masih sekitar 6,9 persen. Ini artinya, masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, masih rendahnya kemampuan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari tenaga kesehatan gigi dan mulut.  

Karena itu, kata Dr drg Sri Susilawati MKes dari RSGM Unpad, BKGN merupakan salah satu upaya guna  memperluas cakupan penyampaian informasi tentang pentingnya perawatan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat. “Selain itu, juga mendekatkan akses layanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat dan  memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat   berupa layanan kesehatan promotif, preventif, dan kuratif,” katanya dalam rilis yang dikirim kepada Republika Online, Senin (2/11).

 

Kegiatan yang akan dilakukan pada BKGN 2015 di FKG UNPAD adalah pemeriksaan dan perawatan kesehatan gigi gratis. Kegiatan ini meliputi, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, latihan sikat gigi, penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi (menggunakan bahan tambal komposit, atau glass lonomer), pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, tembersihan karang gig,i dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride atau Fissure Sealant.

“BKGN merupakan bentuk program yang dilaksanakan sebagai tanggung jawab sosial (CSR) PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui brand Pepsodent dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI),” katanya

 

Melalui penyelenggaran BKGN FKG UNPAD 2015 ini diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut meningkat dan meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan perawatan gigi dan mulut di RSGM UNPAD. n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement