Kamis 29 Oct 2015 18:10 WIB

Moral Pancasila Mampu Redam Konflik Sosial

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Garuda Pancasila
Garuda Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bisa dimunculkan untuk meredam konflik serta perpecahan sosial.

"Moral Pancasila harus ditumbuhkan mengingat adanya perbedaan yang harus selalu disatukan. Ini perlu dilakukan agar konflik dapat dicegah," ujar Sekjen LSM Aceh Roys Fahlevi, Kamis (29/10).

Bangsa Indonesia pun, dinilainya, perlu melanjutkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, etika pluralis, sopan santun dalam bersikap. Salah satu contohnya melalui musyawarah dalam menyelesaikan perbedaan pendapat.

"Aceh harus dijaga kedamaiannya sampai kapanpun dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Penerapan Pancasila di kampus dilakukan dengan menyediakan UKM khusus tempat berkumpul mahasiswa yang berbeda keyakinan," kata Roys.

Di Aceh terdapat 12 bahasa dan suku, serta delapan etnis, sehingga toleransi harus dimiliki semua orang guna melestarikan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pegangan bersama.

"Pancasila harus menjadi panduan, sehingga mahasiswa sekarang tidak mudah terprovokasi aliran yang membahayakan kedamaian sepersi ISIS di Irak dan Suriah atau komunis," kata Roys.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement