Senin 26 Oct 2015 10:53 WIB

DPR Meminta Pemerintah Pertimbangkan Asap Jadi Bencana Nasional

Rep: C27/ Red: Bayu Hermawan
 Ketua DPR Setya Novanto memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (2/10).  (Antara/Hafidz Mubarak )
Ketua DPR Setya Novanto memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (2/10). (Antara/Hafidz Mubarak )

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto meminta pemerintah mulai mempertimbangkan agar kabut asap ditetapkan menjadi bencana nasional.

Hal tersebut karena kabut asap semakin meluasa ke pelbagai daerah. Permasalahan asap bahkan sudah sampai ke langit Jakarta dan Jawa Barat dengan keadaan asap yang tipis.

"Permasalahan asap ini harus terus ditanggapi dan diperhatikan secara serius," ujarnya di gedung parlemen, Jakarta, Senin (26/10).

Setya Novanto mengakui, pemerintah memang sudah menurunkan bantuan semaksimal mungkin untuk menengani bencana asap, serta bersikap cepat tanggap.

Hanya saja, pemerintah harus melihat bahwa cangkupan bencana asap hasil dari pembakaran hutan sudah meluas ke pelbagai provinsi, bahkan hingga menimbulkan korban jiwa. Hal tersebut tidak bisa dianggap sepele dan membutuhkan perhatian khusus

"Serta kerugian yang diderita oleh pihak-pihak terkait," katanya.

Anggota dewan dari Fraksi Golkar ini juga menyebutkan, anggota dewan dapat segera turun ke dapil-dapil asalnnya untuk membantun pemantauan perkembangan asap.

Ia juga menegaskan, bahwa ketua dan wakil ketua akan mencoba turun langsung ke daerah yang terkena bencana asap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement