Ahad 25 Oct 2015 22:13 WIB

PKS Salurkan Bantuan ke Pedalaman Kalimantan Tengah

Rep: C25/ Red: Ilham
Aksi PKS Jakarta memasok tomat ke Jabodetabek
Foto: pks jakarta
Aksi PKS Jakarta memasok tomat ke Jabodetabek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan tema Gerakan Nasional Tanggap Asap PKS, kader-kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melakukan blusukan ke pedalaman Kalimantan Tengah. Mereka memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak kebakaran dan asap.

Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Kalimantan Tengah, Heru Hidayat, melakukan perjalanan ke Desa Tanjung Pusaka, Kabupaten Pulang Pisau, untuk memberikan bantuan kepada warga, Sabtu (24/10). Meski akses menuju desa terbilang jauh, Heru bersama kadernya membawakan bantuan berupa bahan pokok makanan bagi warga yang terkana dampak kebakaran.

Ia mengakui lokasi Desa Tanjung Pusaka cukup jauh, dan memerlukan biaya yang mahal untuk menjangkau lokasi desa yang terpapar bencana asap cukup parah itu. Ia menerangkan, tim Gerakan Nasional Tanggap Asap PKS (Genta PKS), harus menempuh perjalanan menggunakan transportasi darat dan sungai, demi bisa sampai ke desa yang sebagian besar warganya mencari nafkah dengan bertani dan mencari ikan di sungai tersebut.

"Dengan adanya kebakaran dan asap yang semakin pekat, aktivitas mereka terhenti dan mengalami kesulitan dalam perekonomian warga," kata Heru dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (25/10).

Kondisi itu, terang Heru, harus menjadi perhatian dari pemerintah daerah dan pusat, lantaran akses desa yang sulit dijangkau akan menyebabkan bantuan tidak dapat tersalurkan dengan baik. Menurutnya, penanganan asap tidak boleh terlambat karena masyarakat sangat berharap peran penting pemerintah, baik daerah ataupun pusat, dalam mencari solusi taktis dan jangka panjang.

Heru menegaskan, Partai Keadilan Sejahtera melalui Genta PKS siap membuka diri membantu usaha pemerintah, untuk meringankan beban warga yang terkena dampak kebakaran dan asap. Maka itu, Heru berpendapat saat ini merupakan saat yang tepat untuk bersinergi dengan masyarakat, agar dapat menghadapi banyak kendala dalam membantu warga yang membutuhkan bantuan.

"Mereka butuh bantuan pokok dan kesehatan. Jika tidak bergandengan tangan akan banyak kendala, saatnya sinergi dengan masyarakat," ujar Heru.

Haru menambahkan, PKS Kalimantan Tengah sendiri sudah menyediakan sejumlah bantuan, yang bertujuan untuk membantu warga yang terkena dampak kebakaran dan asap. Bantuan-bantuan itu berupa tempat penampungan sementara, posko kesehatan, tenaga medis dan armada darat yang siap untuk digunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement