Ahad 25 Oct 2015 10:38 WIB

BLH Sleman Siapkan Program Pertamanan 2016

Rep: C97/ Red: Didi Purwadi
Ilustrasi taman kota
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi taman kota

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sleman menyiapkan program pertamanan untuk tahun depan. Di antaranya akan menjalankan pembangunan tahap dua Taman Tugu Samkarya yang terletak di dekat Pasar Sleman.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sleman, Indra Darmawan mengemukakan, pembangunan tersebut meliputi perluasan taman dengan menambah tempat duduk dan Tugu Samkarya. Sedangkan tugu piramida Sleman yang sudah ada sejak awal akan dipertahankan sebagai ciri taman.

"Kita kan dapat penghargaan Samkarya dari pemerintah pusat. Jadi di taman itu sengaja kami buat replika Tugu Samkarya," katanya, Ahad (25/10). Selain itu pada 2016 nanti BLH akan melanjutkan dan mempertahankan beberapa program yang sudah ada sebelumnya.

Antara lain Wonodeso yang sudah dilaksanakan pada 2014. Menurut Indra program ini berbentuk pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di tingkat desa dan kecamatan dengan mengkhususkan penanaman pepohonan besar. Pada 2016 nanti pelaksanaan Wonodeso sendiri tergantung pada pengajuan dari masyarakat.

Indra menuturkan Wonodeso sendiri ditujukan untuk memberdayakan masyarakat. Sehingga pelaksanaannya harus berdasarkan kesadaran mereka sendiri. "Nanti BLH yang akan memberikan tanamannya. Dengan begitu area hijau bisa menyatu dengan masyarakat," kata Indra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement