Kamis 22 Oct 2015 18:55 WIB

Menteri LH Puji Batu Secret Zoo

Rep: Lintar Satria/ Red: Karta Raharja Ucu
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar memuji Batu Secret Zoo di Jatim Park 2, yang berada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Batu Secret Zoo menjadi lembaga konservasi dan pendidikan juga rekreasi.

Siti Nurbaya mengatakan, Jatim Park 2, merupakan lembaga konservasi skala kecil bagi satwa yang ada di Indonesia maupun luar negeri. "Jatim Park 2 ini sebagai lembaga konservasi rekreasi dan pendididkan sejauh ini sangat baik dan patut ditiru oleh lembaga konservasi," ujar Siti Nurbaya dalam jumpa pers, di Kota Batu, Kamis (22/10).

Menurutnya, konservasi skala kecil itu telah menjadi unggulan, karena ikut membangun dari aspek pengetahuan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Konservasi adalah tempat bagi satwa diluar area hutan untuk keperluan penangkaran, pemeliharaan, perkembangbiakan, pendidikan juga riset," kata dia menerangkan.

Selain itu, Batu Secret Zoo sendiri katanya telah meraih TripAdvisor ke-9 dalam kategori Top 25 Zoos 2015 Asia Ternggara. Dimana penghargaan itu diberikan ke Batu Secret Zoo sebagai tempat yang layak untuk dikunjungi.

Walaupun memberikan pujian kepada Secret Zoo, Siti Nurbaya, menyayangkan koleksi Batu Secret Zoo masih didominasi hewan berasal dari luar Indonesia. Ia mengaku sudah membicarakan hal itu kepada Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), Ramhat Syah supaya kebun binatang di dalam kompleks Jatim Park 2 ini bisa memperkaya satwa lokal Indonesia.

“Kami di Kementerian sedang menjalankan program meningkatkan spesies hewan langka di Indonesia yang dilindungi. Nah, kebun binatang bisa mengembangbiakkan satwa seperti ini juga,” ungkap Siti Nurbaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement